BNN Deputi Pencegahan; Mantapkan Kemitraan Dengan Media Massa

BNN Deputi Pencegahan; Mantapkan Kemitraan Dengan Media Massa

Ruang meeting BNN, Jakarta, Kabarindo- Masyarakat menjadi mitra strategis dari BNN.

Hal itu disadari oleh pihak BNN dan tahun 2014 ini berkenaan dengan pencanangan akan penyelamatan korban narkoba ke lembaga rehabilitas menjadi penting.

Media massa online tadi siang sukses mengikut Focus Discussion Group bersama dengan Direktorat Pencegahan BNN dan Kapushumas BNN, Drs. Sumirat memastikan BNN provinsi juga akan punya humas dan punya kemitraan dengan media.

"BNN membutuhkan kemitraan dengan media dalam upaya menyelamatkan masyarakat dengan penyebaran informasi secara massive tentang bahaya narkoba. Tidak hanya berkenaan dengan UU No. 35 tahun 2009 dengan dua pendekatan yaitu bagi bandar dan pengedar dengan hukuman yang berat tapi untuk para korban akan diberi hak untuk rehabilitasi dengan PP25 tahun 2011 yang mewajibkan kepada orang tua dibawah umur untuk melapor dan apabila hal itu tidak dipenuhi maka sangsi berat telah menunggu," papar Sumirat lugas.

Memang ada hal yang simalakama karena kesadaran yang rendah malah masih langka ada orang tua yang anaknya di usia belia menjadi korban narkoba justeru menyembunyikan fakta akan anaknya tersebut malam tiap malam keluyuran justeru menjadi mitra sang anak mencari narkoba.

"Saya pernah didatangi oleh orang tua yang bercerita tentang hal tersebut, justeru saat anaknya sudah meninggal. Bisa jadi karena malu dan kuatir mendapatkan stigma dari lingkungan sekitarnya atau ancaman para bandar narkoba dengan kurirnya apabila wajib lapor sesuai arahan BNN di tahun 2014 ini. Setelah saya jelaskan tentang rehabilitasi gratis, adanya kartu khusus dengan dosis yang ditolerir untuk sang anak dan yang lainnya berkenaan dengan program P4GN, orang tua itu menangis dan menyesal tidak melaporkan anaknya," papar Sumirat lebih lanjut.

Dari diskusi dengan media tadi siang mendapati penegasan lagi tentang kewajiban lapor bagi orang tua yang punya anak dibawah umur sebagai pecandu. Perlu diketahui secara nasional, BNN punya 4 tempat rehabilitasi dan itu semua gratis, Jakarta, Makassar, Batam dan daerah lain.

Edukasi dan sosialisasi secara terus menerus penting terus digalakkan, bayangkan saja untuk fakta narkoba legal seperti Codein dalam obat batuk itu adalah narkoba golongan III apabila diminum tidak sesuai dengan takaran pasti akan menyalahi aturan.


Ayo Laporkan Anak Anda Yang Jadi Korban Narkoba..............!