BI Jatim; Bantu UMKM Surabaya Pasarkan Produk

BI Jatim; Bantu UMKM Surabaya Pasarkan Produk

Surabaya, Kabarindo- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Mini Bazar UMKM dengan tema “Gelar Produk Kampung Unggulan & Sentra Industri  kecil Kota Surabaya” di Gedung Perpustakaan Mayangkara Bank Indonesia pada Minggu (6/9/2015).
 
Acara tersebut juga memberikan layanan konsultasi usaha, talk show inspirasi dan motivasi bisnis bagi UMKM dan workshop rencana bisnis. Kegiatan ini juga disemarakkan oleh live music serta lomba racing smart tentang kebanksentralan.
 
Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Syarifuddin Bassara, mengatakan kegiatan tersebut mengajak masyarakat yang beraktivitas saat Car Free Day (CFD) di Jl. Raya Darmo untuk berpartisipasi.
 
Pengunjung Mini Bazar UMKM juga bisa melakukan penukaran uang di mobil kas keliling serta mendapatkan informasi terkait Ciri-Ciri Keaslian Uang Rupiah (CIKUR) dan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Kegiatan ini akan dilaksanakan rutin setiap dua bulan sekali demi mewujudkan UMKM yang siap menghadapi MEA.
 
“Mini Bazar UMKM merupakan momen yang tepat untuk menampilkan beragam produk inovatif UMKM, wirausaha baru dan perbankan, mempertemukan pelaku usaha dengan para konsultan, bank serta pihak lainnya yang diharapkan dapat memberikan manfaat kepada banyak pihak,” ujar Syarifuddin.
 
Ia menambahkan, menjelang pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) secara resmi pada akhir 2015, BI Jawa Timur menyadari masih banyak pelaku UMKM yang belum siap mengantisipasi, seperti masih rendahnya jiwa kewirausahaan, keterbatasan kualitas SDM, kurangnya permodalan, terbatasnya akses pembiayaan, lemahnya jaringan usaha dan rendahnya kemampuan melakukan penetrasi pasar. Padahal UMKM merupakan unit usaha yang penting dalam mendorong perekonomian nasional.
 
Berdasarkan data statistik, UMKM berjumlah 99,98% terhadap total unit usaha di Indonesia, sementara jumlah tenaga kerja yang terlibat mencapai 91,8 juta orang. Jumlah ini sangat besar dan perlu mendapat perhatian serius demi mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia. UMKM dalam perannya sebagai tulang punggung perekonomian harus selalu didukung agar mampu memberikan kontribusi dalam memajukan perekonomian bangsa.