Australia Tawarkan Investasi Properti; Bagi Warga Indonesia

Australia Tawarkan Investasi Properti; Bagi Warga Indonesia

Surabaya, Kabarindo- Australia menawarkan investasi properti kepada warga Indonesia. Tawaran tersebut diberikan oleh Crown Group Holdings, perusahaan properti yang berbasis di Sydney.
 
Crown sedang membangun proyek International Convention Centre baru senilai Rp. 60 triliun di Darling Harbour, kawasan Barangaroo, dan proyek revitalisasi sebesar Rp. 80 triliun di kawasan Green Square termasuk perpustakaan umum dan fasilitas taman. Pada Mei nanti, akan diluncurkan Crown Ashfield, menara apartemen mewah senilai Rp. 880 Milyar di kawasan barat Sydney yang sedang berkembang.
 
CEO Group Crown, Iwan Sunito, optimistis properti di Australia, khususnya di Sydney, akan diminati warga Indonesia. Ia mengaitkan dengan tiga faktor yang berpengaruh yaitu kompetitifnya dolar Australia terhadap dolar Amerika, kebijakan pengurangan tingkat suku bunga oleh Bank Sentral Australia sebesar 0,25% menjadi 2,25% pada Februari lalu dan pertumbuhan nilai properti pada 2014.
 
Perusahaan konsultan terkemuka Australia, Domain Group, mengeluarkan laporan yang menyebutkan harga rata-rata properti di Sydney naik 14,1% dan harga apartemen naik 10,4% selama 2014. Hal ini menjadikan properti di Sydney sebagai yang terdepan diantara kota-kota lainnya di Australia.
 
Laporan harga rumah yang dirilis oleh Domain Grup menyebutkan, Sydney menempati posisi puncak dalam daftar pertumbuhan harga apartemen diikuti oleh Adelaide sebesar 6%, Melbourne naik 2,9% dan Perth naik 0,1% dibandingkan pada tahun lalu. Sydney juga menduduki posisi puncak pada 2013 dengan mencatat 15,1% pertumbuhan harga rumah dan 10,9% pada harga per unit.
 
Dr. Andrew Wilson, ekonom senior di Domain Group, mengatakan Sydney tetap menjadi kekuatan yang dominan di antara pasar perumahan kota besar dan diperkirakan akan mengulang rekor pada tahun ini.
 
“Pasar properti di Sydney memiliki masa depan yang cerah,” kata Iwan, pengusaha asal Surabaya.