Atraksi Potong Ikan Tuna; jadi Tontonan Jak-Japan Matsuri

Atraksi Potong Ikan Tuna; jadi Tontonan Jak-Japan Matsuri

Jakarta, Kabarindo- Dalam pembuatan makanan khas Jepang, sushi dan sashimi, proses pemotongan ikan menjadi poin penting dalam pembuatan makanan tersebut. Proses tersebut dijadikan salah satu aksi dalam acara pembukaan festival Jak-Japan Matsuri 2013.

Ikan yang akan dipotong dalam acara pembukaan festival Jepang di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Minggu ini merupakan ikan jenis tuna sirip kuning atau Kihada Maguro dengan berat 75 kg.

Tontonan tersebut menjadi pusat perhatian para pengunjung yang sudah memadati ruang serbaguna hotel bahkan sebelum acara dimulai.

Ikan tersebut diolah oleh empat juru masak asal Jepang yakni chef Hattori, chef Abe, chef Murohara, dan chef Kousaka.

"Ikan ini asli dari Jepang," kata chef Hattori seperti dilansir dari laman antaranews.

Hattori melanjutkan aksinya bersama ketiga chef lainnya sambil menjelaskan beberapa jenis bagian ikan seperti kama atau bagian rahang yang sering diolah dengan cara dibakar.

"Kalau sushi dan sashimi sering pakai daging dari badan," katanya.

Selain aksi potong ikan, acara pembukaan Jak-Japan Matsuri yang diselenggarakan mulai hari ini hingga 8 September mendatang juga dimeriahkan dengan sushi battle yang melibatkan juru masak Indonesia serta penampilan dari grup idola, JKT48.

Jak-Japan Matsuri sendiri akan dilaksanakan di Atrium Plasa Senayan dan Tugu Monas. Festival akan diisi dengan banyak workshop kebudayaan asli Jepang.