Atambua 39 Derajat Celcius; Jadi Jawara AFI 2013

Atambua 39 Derajat Celcius; Jadi Jawara AFI 2013

Plaza Selatan Senayan, Jakarta, Kabarindo- Perhelatan yang kedua sedikit lebih membahagiakan dibandingkan tahun lalu dengan hadirnya Wamen Kebudayaan Windhu Nuryati bersama dengan Dirjennya Kacung Maridjan serta piala Dewantara yang lebih serius menyerupai wayang.

Dari buku pedoman ala kemendikbud RI berbasis nilai budaya dengan kearifan lokal dan berkarakter. Ada 4 calon penerima Piala Derawan tersebut adalah : 9 Summers 10 Autumn (Sutradara: Ifa Isfansyah | Produksi: Angka Fortuna Sinema), Atambua 39 Derajat Celcius (Sutradara: Riri Riza | Produksi: Miles Film), Cinta Tapi Beda (Sutradara: Hestu Saputra, Hanung Bramantyo | Produksi: Multivision Plus Picture), dan Demi Ucok (Sutradara: Sammaria Simanjuntak | Produksi: Kepompong Gendut).

Tim dewan juri yang diketuai oleh Totok Indrarto, dengan anggota : Mathias Muchus, Erwin Arnada, Nirwan Dewanto, Jajang C Noer, Dana Riza, Linda Christanty, Hafiz Rancajale, dan Wahyu Aditya, menetapkan empat calon penerima Piala Dewantara untuk Apresiasi Film Bioskop AFI 2013.

Mereka sepakat untuk memilih  Atambua 39 Derajat Celcius (Sutradara: Riri Riza | Produksi: Miles Film). Artinya berhasil mengajak Riri kembali ke pangkuan ibu pertiwi alias pemerintah.

"Kami punya surat pertanggungjawaban sebagai laporan kenapa film itu yang menang dengan alasan. Untuk festival kali kami sudah menilai 80-an judul diminta atau tidak, diberi ijin atau tidak dan bedanya dengan FFI yang didaftarkan justeru AFI memilih film tersebut sesuai kriteria yang ada untuk diapresiasi," papar Nirwan lugas sesaat sebelum acara dimulai.

Redaksi juga sempat menemui Riri Reza yang tetap optimis film yang terbaik itu adalah film Indonesia. Di sela-sela tiap pembacaan pemenang dari 18 kategori ada penampilan musisi dan solois seperti Lobow  &  Purwacaraka, Anda  Perdana  &  Purwacaraka, Okta  &  Friends, Monolog  budaya,  bersama  Butet  Kertaradjasa, Kikan  Namara  &  Purwacaraka dan Endah  n  Rhesa.          

Tampil sebagai pembaca pemenang tiap kategori adalah Laura Basuki, Igor Saykoji, Hughes, Bhisma SMASH, Acha Septriansyah, Poppy Sofia, Harry De Fretes, selain itu ada penampilan monolog budaya Butet Kertaredjasa dan host Dik Doank.

Inilah Penganugerahan  Apresiasi  Film  Indonesia  2013: 
1. Kategori  Media  Cetak Tabloid Bintang Indonesia
2. Kategori  Media  Non  Cetak oleh portal online filmindonesia.or.id
3. Kategori  Komunitas Cinema Labour Purbalingga
4. Kategori  Lembaga  Pendidikan di raih oleh IKJ
5. Kategori  Film Karya Pelajar di raih film Langkah Receh - Purbalingga
6. Kategori  Film Karya Mahasiswa  - Tidak Ada
7. Kategori  Festival Film - HelloFest yang sudah ke-9
8. Kategori  Poster Film - Film 5CM
9. Kategori  Sutradara  Perdana - Yosef  (Vacancy Yang Janggal)
10. Kategori  Film  Animasi  - Tidak Ada
11. Kategori  Film  Dokumenter  - DenoK & Gareng
12. Kategori  Film  Pendek  - Halaman Belakang (Yusuf Rajamuda)
13. Kategori  Film  Non  Bioskop  -  Vacancy  Yang Janggal
14. Kategori  Film  Anak  - Tidak Ada
15. Kategori  Film  Pilihan  Pemirsa  - Film Hasduk Berpola
16. Kategori  Adi  Karya  diraih oleh Apa Yang Kau Cari - Mutiara Sani
17. Kategori  Adi  Insani  - Garin Nugroho
18. Kategori  Film  Bioskop adalah Atambua 39 Derajat Celcius
 
Tampak hadir Wagub Jabar, Deddy Mizwar, Ketua Dewan Juri FFI 2013 Slamet Rahardjo bersama Ifa Isfansyah dan isteri Kamidia Radisti yang sedang hamil dan beberapa selebriti dan artis film lainnya.

Dalam sambutannya Windhu sebagai Wamen Kebudayaan Kemendikbud RI menyambut baik kritikan dan AFI tahun ke-2 jadi momentum tidak diproduksinya lagi film-film yang berselera murahan dan tentu saja AFI tidak cukup karena masih membutuhkan ruang apresiasi lainnya.


Selamat Untuk Semua Pemenang AFI 2013................!