Asia Aero Flying Club; Gelar Pertunjukkan Akrobatik

Asia Aero Flying Club; Gelar Pertunjukkan Akrobatik

Cibubur, Jakarta, Kabarindo- Perkembangan ke-Dirgantara-an Indonesia saat ini, menjadi peran yang sangat penting dalam dunia penerbangan, baik Nasional dan Internasional.

Untuk meningkatkan kemahiran dan menumbuhkan rasa percaya diri bagi para penerbang, penting dan perlu bagi seorang penerbang untuk lebih memotivasi diri dan menambah wawasan dalam menerbangkan sebuah pesawat.

Melalui komunitas yang terus eksis, AAFC, Asia Aero Flying Club yang hingga saat ini menunjukkan keberadaannya dalam mengupayakan berbagai bentuk kegiatan untuk mewujudkan dunia ke-Dirgantara-an yang dapat memajukan wawasan dan pengetahuan serta informasi terhadap perkembangan ke-Dirgantara-an yang ada di Indonesia ini.

Dan dimana tentunya tujuan AAFC ini, selain meningkatkan kemahiran dan menumbuhkan rasa percaya diri, juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang perlunya pengetahuan pada dunia Dirgantara, karena ini adalah ilmu dan pengetahuan yang perlu diketahui oleh masyarakat luas.
"Motivasi saya dalam membentuk komunitas ini adalah untuk mengajak dan mengenal lebih awal dibidang ke-Dirgantara-an bagi para masyarakat, khususnya kalangan pemuda untuk paham juga dalam dunia Dirgantara, sehingga tidak melulu mengetahui bidang-bidang yang lain", ujar Marsdya (Purn) Eris Harryanto saat wawancara bersama para awak media.


Untuk mengakomodir dan memberikan pengetahuan serta mewujudkan bidang ke-Dirgantara-an yang maju dan handal, AAFC sebagai komunitas tidak tinggal diam, yakni dengan komitmen yang tinggi dan ingin tetap fokus untuk memberikan kontribusi serta menunjukkan kepada masyarakat Indonesia dan masyarakat Internasional bahwa ke-Dirgantara-an, sebagai salah satu bagian dalam dunia penerbangan merupakan faktor yang harus ditampilkan dan disampaikan kepada publik tentang sejauh mana perkembangan ke-Dirgantara-an kedepan pada masa-masa yang akan datang.

Hal inilah yang mendasari kami untuk mewujudkan bidang ke-Dirgantara-an, agar lebih maju dan lebih dikenal dekat masyarakat dan tentunya untuk memajukan bangsa Indonesia lewat dunia ke-Dirgantara-an ini, imbuhnya lanjut menjelaskan maksud kegiatan AAFC pada pagi ini, 17/10/2015.
AAFC sendiri terbentuk pada tahun 2012, dan anggotanya terdiri dari 2 bagian, yakni untuk umum, anggota biasa dan untuk khusus, adalah anggota terbang, kata Bagas Adhadirga, Bendahara AAFC disela-sela obrolan dengan rekan media.
Pada kegiatan hari ini, kita bermaksud untuk memberikan informasi/masukan-masukan dan menyampaikan kepada masyarakat/publik bahwa kita tahu, Indonesia sebagai negara kepulauan, dimana untuk sampai menyeberang dari pulau satu ke pulau lainnya, selain ditempuh melalui kapal laut, juga melalui pesawat, ujar Eris Harryanto.

Namun demikian selain ditempuh dengan pesawat yang berbadan besar, pulau-pulau  tersebut juga ditempuh dengan pesawat berbadan kecil (kapasitas penumpang terbatas), karena pulau terkecil tersebut hanya memiliki bandara khusus, yang hanya dapat dilakukan pendaratan dengan pesawat berbadan kecil saja.
Oleh karena itu, melalui komunitas ini, kita harapkan masyarakat dapat mengetahui sejauh mana pengembangan potensi dan wawasan ke-Dirgantara-an kita, agar kita dapat meningkatkan profesionalitas dan rasa nasionalisme kita terhadap bangsa dan negara, khususnya dalam dunia penerbangan dan dirgantara, ungkap Eris Harryanto, Jenderal bintang tiga purnawirawan TNI Angkatan Udara R.I ini, yang juga sekaligus sebagai pilot, yang akan melakukan penerbangan dan manuver akrobatik dengan menggunakan pesawat bersayap dua serta berbadan kecil jenis Pitts S2C buatan Aviat.

Dalam kegiatan AAFC di akhir pekan ini, AAFC sengaja mengemas kegiatan ini dengan tema "AAFC dan Media Gathering", dimana rekan-rekan media diberikan kesempatan untuk menyaksikan kebolehan serta manuver (akrobatik) dan kemahiran Marsdya (Purn) Eris Harryanto dalam penerbangkan pesawat berbadan kecil dan bersayap dua tersebut, dan dalam kegiatan yang digelar di Lapangan terbang Wiladatika, Bumi Perkemahan Cibubur ini, rekan-rekan media bersama berbincang-bincang seputar ke-Dirgantara-an Indonesia.
Hal ini merupakan perwujudan akan kepedulian kita bersama terhadap dunia penerbangan dan Dirgantara, serta rasa bangga serta cinta kita terhadap bangsa dan negara Indonesia, tutup Eris Harryanto.

Pada akhir acara, rekan-rekan media pun memberikan apresiasi yang tinggi kepada AAFC atas konsisten dan komitmennya dalam pengembangan di bidang ke-Dirgantara-an Indonesia.


Ayo bangkit Dirgantara Indonesia.
Bravo