Anies Baswedan; Siap Jadi Pembicara Surabaya Youth Carnival 2013

Anies Baswedan; Siap Jadi Pembicara Surabaya Youth Carnival 2013

Surabaya, Kabarindo-  Pemuda Surabaya yang berasal dari berbagai komunitas sosial dan penggiat industri kreatif bersiap menyelenggarakan Surabaya Youth Carnival (SYC) 2013.

Mengangkat tema “be a better youth”, Surabaya Youth Carnival 2013 akan berfokus pada dua isu utama anak muda yaitu pendidikan dan kreatifitas. Acara yang rencananya diselenggarakan di Surabaya Town Square pada tanggal 1 Desember 2013 akan menjadi festival kepemudaan independen pertama dan terbesar di Surabaya. Pelaksanaan Surabaya Youth Carnival 2013 disponsori oleh CIMB Niaga, Vacanza Tours and Travel, dan XL Axiata serta didukung oleh AV Peduli, Adwindo, Indonesia Youth Motion, Surabaya Town Square dan TS Suites Hotel.

Ketua Panitia Surabaya Youth Carnival 2013, Aini Hanifa, menyatakan bahwa Surabaya Youth Carnival 2013 hadir untuk meningkatkan kepedulian masyarakat pada isu Pendidikan dan kreatifitas. “Pendidikan dan kreatifitas adalah dua hal yang sangat penting untuk generasi muda, yang kini berjumlah 43% dari total populasi Indonesia. Surabaya Youth Carnival hadir untuk menebarkan semangat positif kepada para pemuda di Surabaya dan Jawa Timur untuk bisa bersaing di kancah nasional dan internasional. Pemuda Surabaya memiliki banyak potensi di bidang kreatifitas dan pendidikan, tentu kita tidak bisa sepenuhnya mengharapkan pemerintah untuk memaksimalkan potensi tersebut. Surabaya Youth Carnival 2013 adalah salah satu bentuk peran serta masyarakat untuk memaksimalkan potensi anak muda Surabaya.”

Surabaya Youth Carnival peduli dengan hak setiap pemuda, karena itu tersedia beasiswa khusus penyandang disabilitas dan juga yang bermasalah dengan ekonomi. “Kami menyediakan tiket gratis untuk teman-teman disabilitas dan yang kurang mampu untuk membeli tiket talks kami di link http://bit.ly/SBYouth.  Surabaya Youth Carnival diselenggarakan untuk membuat semua pemuda Surabaya mengetahui berbagai masalah sosial di sekitarnya. Sebagai bagian dari masyarakat, anak muda perlu turut ambil bagian untuk selesaikan masalah tersebut. Tapi Surabaya juga tidak melulu terkait dengan masalah sosial, ada banyak penggiat Industri kreatif yang bisa menginspirasi anak muda tentang berbagai peluang di sekitar mereka. Surabaya Youth Carnival tidak hanya untuk menginspirasi namun juga menunjukkan pada anak muda Surabaya berbagai hal kecil yang sering diabaikan oleh Masyarakat.” tutur Aini.

Hingga saat ini pembicara yang telah mengonfirmasi kehadiran mereka di sesi talks (wicara) Surabaya Youth Carnival 2013 antara lain Anies Baswedan (Penggiat Indonesia Mengajar) dan Iwan Setyawan (penulis novel 9 Summers 10 Autumns) dan Rene Suhardono (Penulis Buku Ultimate U, Career Coach) di room edukasi. Sementara di Room Kreatifitas SYC akan menghadirkan Handry Satriago (CEO General Electrics), Melanie Subono (Musisi) dan Shafiq Pontoh (Penggiat Social Media Festival dan Indonesia Berkibar). Selain itu, para pengunjung Surabaya Youth Carnival akan dihibur oleh music khas dari band Payung Teduh. Untuk mendapatkan informasi terbaru terkait SYC 2013, bisa melalui akun twitter @SurabayaYouth maupun website www.surabayayouthcarnival.org.