Anies Baswedan; Buka Surabaya Youth Carnival 2013

Anies Baswedan; Buka Surabaya Youth Carnival 2013

Surabaya, Kabarindo-  Pemuda Surabaya yang berasal dari berbagai komunitas sosial dan penggiat industri kreatif menggelar Surabaya Youth Carnival (SYC) 2013 pada 3 Desember 2013.

Mengangkat tema “be a better youth”, Surabaya Youth Carnival 2013 berfokus pada dua isu utama pemuda yaitu pendidikan dan kreatifitas. Acara yang diselenggarakan di Surabaya Town Square ini merupakan festival kepemudaan independen pertama dan terbesar di Surabaya. Secara keseluruhan, acara ini dihadiri sedikitnya 300 orang untuk kegiatan Indoor, dan 300o orang untuk kegiatan outdoor. Pelaksanaan Surabaya Youth Carnival 2013 disponsori oleh CIMB Niaga, Vacanza Tours and Travel, dan XL Axiata serta didukung oleh AV Peduli, Adwindo, Indonesia Youth Motion, Surabaya Town Square dan TS Suites Hotel.

Keynote Speaker sesi edukasi Talks Surabaya Youth Carnival 2013, Anies Baswedan membuka acara dengan menyatakan dukungannya terhadap inisiatif yang dilakukan segenap panitia Surabaya Youth Carnival 2013. “Saya mendukung inisiatif Surabaya Youth Carnival 2013 yang walaupun pertama kali dilakukan namun telah memberikan sebuah harapan baru bagi pemuda di Surabaya. Saya khawatir banyak anak muda akan merasa tertinggal karena tidak pernah berbuat. Anak muda seharusnya bisa membuat sesuatu yang besar tanpa harus berada di kota besar, kuncinya adalah percaya diri dan jangan pernah khawatir bahwa kita bisa melakukan banyak hal secara independen dan mandiri untuk bisa mewarnai hidup.”

Ketua Panitia Surabaya Youth Carnival 2013, Aini Hanifa, menyatakan bahwa Surabaya Youth Carnival 2013 hadir untuk meningkatkan kepedulian masyarakat pada isu Pendidikan dan kreatifitas. “Pendidikan dan kreatifitas adalah dua hal yang sangat penting untuk generasi muda, yang kini berjumlah 43% dari total populasi Indonesia. Surabaya Youth Carnival hadir untuk menebarkan semangat positif kepada para pemuda di Surabaya dan Jawa Timur untuk bisa bersaing di kancah nasional dan internasional. Pemuda Surabaya memiliki banyak potensi di bidang kreatifitas dan pendidikan, tentu kita tidak bisa sepenuhnya mengharapkan pemerintah untuk memaksimalkan potensi tersebut. Surabaya Youth Carnival 2013 adalah salah satu bentuk peran serta masyarakat untuk memaksimalkan potensi anak muda Surabaya.”

Secara Terpisah, Handry Santriago, CEO General Electrics yang juga menjadi speaker pada sesi kreatifitas menyatakan pentingnya kreatifitas bagi anak muda. “Kreatifitas sangat penting bagi anak muda, karena kalau tidak kita akan menjadi robot. Saya sulit menerima anak-anak yang tidak kreatif karena tidak akan memberikan value. Saat ini Index Kompetitif Indonesia berada di nomor 38 dari 144 negara. Namun bila dilihat kita bisa jauh lebih baik dengan apa yang dimiliki sekarang. Karena bahkan bila kita jadi objek saja dari pasar global, pertumbuhan ekonomi pun tetap naik.”

Wike Anega selaku perwakilan sponsor SYC 2013, CIMB NIaga, menyatakan event ini didukung karena bisa membuat berbagai inisiatif perubahan bagi bangsa. “Event ini merupakan event yang seharusnya didukung,  Kita melihat value dari acaranya dan SYC akan membawa perubahan yang begitu besar bagi Surabaya. Jika kita tidak mendukung acara ini maka bisa dibilang kita tidak mendukung perubahan bangsa ini.”

Pembicara yang hadir di sesi talks (wicara) Surabaya Youth Carnival 2013 antara lain Anies Baswedan (Penggiat Indonesia Mengajar) dan Iwan Setyawan (penulis novel 9 Summers 10 Autumns) dan Rene Suhardono (Penulis Buku Ultimate U, Career Coach) di room edukasi. Sementara di Room Kreatifitas SYC akan menghadirkan Handry Satriago (CEO General Electrics), Melanie Subono (Musisi), Shafiq Pontoh (Penggiat Social Media Festival dan Indonesia Berkibar) dan Usman Hamid (Change.org). Selain itu, pada malam hari para pengunjung Surabaya Youth Carnival dihibur oleh musik khas dari band Payung Teduh. Yang membuat minggu malam itu begitu syahdu di Surabaya.