Andrea Hirata; Rilis Novel The Rainbow Troops

Andrea Hirata; Rilis Novel The Rainbow Troops

Jakarta, Kabarindo- Buku "The Rainbow Troops" karya Andrea Hirata kini tersedia di Tanah Air.

"The Rainbow Troops" merupakan versi Bahasa Inggris dari buku "Laskar Pelangi" karya Andrea Hirata. "Rainbow Troops" di Amerika Serikat diterbitkan oleh Sarah Crichton Books beberapa waktu lalu. Andrea mengisahkan, awalnya, pembaca Indonesia yang menginginkan buku ini harus membelinya melalui situs Amzone.com.

Ia pun akhirnya meluncurkannya di Indonesia karena banyaknya permintaan  buku "The Rainbow Troops" oleh lembaga pendidikan maupun kursus sebagai medium belajar bahasa Inggris.

"Saya terharu akhirnya buku ini bisa dijual di toko sendiri," kata Andrea Hirata saat ditemui di Periplus, Lotte Shopping Avenue, sore ini.

Menurutnya, ada beberapa perbedaan antara "Laskar Pelangi" dengan "The Rainbow Troops". Ia bercerita, naskah asli "Laskar Pelangi" yang ia tulis berjumlah sekitar 600 halaman. Penerbit Bentang Pustaka memerasnya sehingga novel yang beredar menjadi setebal 400 halaman.

Penerbit Sarah Crichton membuat saduran dari naskah pertama menjadi 200-an halaman.

"Hasilnya compact dan powerful. Edisi Amerika ini  kuat secara intelektual, yang Indonesia kuat secara emosional," jelasnya.

Ia mengaku harapannya sederhana terhadap buku ini, "mudah-mudahan menginspirasi," katanya.

Beberapa bulan yang lalu, Andrea Hirata meraih penghargaan kategori general fiction di New York Book Festival 2013 untuk "The Rainbow Troops". I juga sempat meraih penghargaan untuk buku ini edisi bahasa Jerman.

"Saya masih kaget. Merasa belum pantas. Ini memacu saya untuk lebih belajar lagi," tuturnya seperti dilansir dari laman antaranews.

"Laskar Pelangi" telah disadur ke dalam beberapa bahasa, seperti Italia, Jerman, dan Portugal. Ia kini tengah menanti edisi bahasa Prancis dari "Laskar Pelangi".