Amway Gandeng Dinkes DKI Jakarta; Tingkatkan Kualitas Gizi Balita

Amway Gandeng Dinkes DKI Jakarta; Tingkatkan Kualitas Gizi Balita

Surabaya, Kabarindo- Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Yayasan Amway Peduli telah menandatangani nota kesepakatan untuk program peningkatan kualitas gizi balita di provinsi DKI Jakarta.

Kekurangan gizi merupakan salah satu masalah besar yang dihadapi oleh negara dari tahun ke tahun dan balita paling rentan terhadap masalah malnutrisi. Karena itu, Pemprov DKI Jakarta mendukung penuh program peningkatan gizi anak, khususnya balita.

“Jika anak pada usia 5 tahun pertamanya tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, pertumbuhan fisik dan otaknya tidak optimal,“ ujar Asisten Sekda Kesejahteraan Provinsi DKI Jakarta, Fatahillah, dalam rilis yang diterima dari Amway pada Selasa (5/4/2016).

Koen Verheyen, President Director PT Amway Indonesia, merujuk data WHO bahwa di dunia setiap tahun ada 7 juta anak usia balita meninggal dan 45% atau 3 juta diantaranya karena malnutrisi atau kurang gizi.

“Untuk anak-anak yang dapat bertahan, malnutrisi ini dapat mempengaruhi kehidupan mereka pada masa depan yang dapat menyebabkan pertumbuhan yang lambat, daya tahan tubuh yang lemah sampai prestasi sekolah yang akhirnya dapat mempengaruhi kinerja dan produktivitas mereka saat dewasa,” ujar Koen.

Malnutrisi merupakan masalah di banyak negara yang dapat berupa kekurangan gizi atau kelebihan gizi. Data 2013 dari Studi Pemetaan yang dilakukan oleh Global Alliance for Improve Nutrition (GAIN) menunjukkan Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami beban ganda malnutrisi. Sebanyak 12% balita atau sekitar 2,8 juta balita mengalami kelebihan berat badan, sedangkan 36% atau 8,9 juta balita mengalami stunting atau tubuh pendek.

Stunting merupakan masalah gizi cukup serius yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dan tidak sesuai dengan kebutuhan gizi yang dianjurkan. Stunting bukan hanya masalah fisik, tapi juga berkolerasi dengan kecerdasan dan kerentanan anak terhadap penyakit.

Amway melakukan kampanye global Nutrilite Power of 5 Campaign untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di seluruh dunia agar menyadari pentingnya nutrisi yang cukup bagi anak usia balita, juga mengembangkan produk Nutrilite Little Bits yaitu 1 gram bubuk mikronutrisi yang terdiri dari 15 vitamin & mineral esensial. Sejak 2009, Amway juga mendonasikan suplemen nutrsi mikro Little Bits ini kepada lebih dari 3 ribu anak usia 1-5 tahun yang mengalami gizi kurang di berbagai belahan dunia.

“Sebagai perusahaan dengan pengalaman lebih dari 80 tahun memproduksi vitamin dan makanan kesehatan, Amway merasa terpanggil untuk membantu mengatasi masalah global malnutrisi ini,” ujar Koen Verheyen.

Amway bekerja sama dengan Dinkes DKI Jakarta berencana membantu sekitar 150 anak anak gizi kurang di Jakarta, terutama di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Jakarta Timur melalui pemberian Nutrilite Little Bits.

“Ke depannya kami berharap Nutrilite Little Bits dapat menjangkau dan membantu lebih banyak balita berstatus gizi kurang. Kami percaya, anak-anak yang sehat akan tumbuh menjadi dewasa yang sehat. Dengan menjadi sehat, mereka dapat berkontribusi lebih untuk masyarakat dan negara,” ujar Koen.

Amway juga terlibat dalam program Scaling Up Nutrition yang merupakan gabungan dari pemerintah, masyarakat, PBB, donatur, usahawan dan peneliti yang berupaya meningkatkan nutrisi. Bersama Scaling Up Nutrition (SUN) Businesss Network, Amway turut mendukung Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN) untuk melakukan pemetaan malnutrisi di berbagai negara, termasuk Indonesia.