Ambon Jazz Plus Festival; Tampil Lagi Di Belanda

Ambon Jazz Plus Festival; Tampil Lagi Di Belanda

Jakarta, Kabarindo- Ambon Jazz Plus Festival yang berhasil memukau lebih dari 300 penonton dalam penampilannya di Bintang Theater, komplek Tong Tong Festival, Denhaag.

Acara tersebut disaksikan dua dubes yaitu Dubes RI di Serbia Semuel Samson dan Dubes RI di Moskow Djauhari Oratmangun ikut bergoyang bersama penonton.

Andy"atis"Eric Manuhutu, vokalis Ambon Jazz plus festival dari London seperti dilansir dari laman AntaraNews, akhir pekan ini.

Ia mengatakan bahwa ia senang bisa menampilkan musik jazz kepada pengunjung Floriade yang datang dari berbagai negara.

"Kami datang tidak saja menghibur pengunjung tetapi juga membawa misi yaitu keinginan musisi untuk membangun sekolah musik di Ambon," ujar Andy.

Penampilan Ambon Jazz Plus Festival diawali dengan tiupan saksofon oleh musisi jazz andal Indonesia Benny Likumahuwa yang membuat penonton kagum dengan penampilan musisi Indonesia.

Satu-satunya vokalis wanita dalam kelompok musik Ambon Jazz Plus Festival, Audrey Papilaya yang merasa bangga bisa tampil dan mengisi acara di panggung pamerah hortikultura Floriade yang digelar sepuluh tahun sekali.

"Saya senang bisa bergabung dengan kelompok Ambon Jazz Plus Festival," ujar Audrey Papilaya kepada ANTARA usai penampilannya .

Audrey bintang akting film layar lebar Indonesia pernah bergabung dengan grup band Moluccas, dan mendukung film Denias dan Senandung Di Atas Awan film garapan Arie Sihasale bersetting kehidupan di Papua.

Tidak saja Audrey, penyanyi berkulit hitam manis gabung dalam Ambon Jazz Plus festival senang tampil di Floriade 2012 tetapi juga bintang legend music jazz, Benny Likumahuwa.

Kunjungi Maluku
Kehadiran musisi Jazz Plus Festival yang dimotori Benny Likumahuwa, kakak dari Utha Likumahuwa dan ayah dari Barry Likumahuwa itu atas sponsor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam rangka menarik masyarakat Indonesia asal Ambon yang sudah lama menetap di Belanda untuk berkunjung ke Maluku.

"Kami harapkan dengan kehadiran musisi Jazz Ambon Jazz Plus Festival di Tong Tong Festival akan dapat menarik masyarakat Ambon di Belanda untuk berkunjung ke tanah kelahirannya," ujar Dubes RI di Serbia Semuel Samson yang menjadi pembina musisi jazz asal Ambon.

Diakuinya kehadiran para musisi jazz asal Ambon ini akan memberikan energi positif kepada masyarakat asal Ambon yang telah lama menetap di Belanda.

Penampilan Ambon Jazz Plus Festival yang langsung diawali dengan lagu Pangayo serta penampilan Benny Likumahuwa dengan alat saksofon dan dilanjutkan dengan "The Sweetetes News" dan "Like Father and Like Son" , diakhiri dengan lagu Basodara yang diciptakan Andy Manuhutu.

Lagu "Basodara" yang diciptakan Andy Manuhutu dan diterjemahkan dengan "Living as One" itu menceritakan kerinduan masyarakat Maluku terhadap saudara mereka yang ada di negeri Belanda dan ingin mengajak pulang.

Musisi Ambon jazz plus Festival didukung oleh Donny Suhendra , Yudith Ferdinandur, Stanley Manuhutu dan Nicky Manuputty dan Jeffry Patty serta vokalis yang terdiri atas Noel Risakotta, Mathew Sayerz, Audry Papilaya, Andy Manuhutu dan Doddie Latuharhary dengan music director Harry Anggoman.

Dalam kunjungan misi muhibahnya di Kerajaan Belanda, Ambon Jazz plus Festival juga mencoba mengajak masyarakat Ambon yang berada di Belanda untuk kembali pulang ke Maluku.