Aiman Witjaksono; Raih Elizabeth O’Neil Journalism Award 2015

Aiman Witjaksono; Raih Elizabeth O’Neil Journalism Award 2015

Jakarta, Kabarindo- Dari rilis yang baru saja diterima redaksi.

Ada juga wartawati Australia Latika Bourke, mereka berdua adalah penerima Elizabeth O’Neill Journalism Award yang bergengsi tahun ini.
 
Bourke, Wartawati Politik Nasional untuk Fairfax Media, dan Aiman Witjaksono, Produser Eksekutif dan Pembawa Acara Berita untuk Kompas TV, masing-masing akan tinggal selama dua minggu di Indonesia dan Australia, guna memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang isu-isu kontemporer di masing-masing negara.
 
Penghargaan ini untuk mengenang karir gemilang Liz O’Neill, yang gugur dalam tugas Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia di Indonesia pada 7 Maret 2007. Para pemenang penghargaan mempunyai komitmen yang sama dengan Elizabeth untuk mendorong saling pengertian yang lebih baik antara warga Australia dan Indonesia melalui peliputan media yang akurat dan penuh pemahaman.
 
Bourke akan fokus pada pendekatan Pemerintah Indonesia pada Australia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Ia juga akan mengkaji hubungan dagang dan antar-warga kedua negara, termasuk melalui program New Colombo Plan Pemerintah Australia.
 
Aiman Witjaksono akan meliput perspektif Australia tentang hak azasi manusia di Indonesia, termasuk situasi di Papua. Ia juga akan mengkaji efek perjanjian-perjanjian perdagangan bebas Australia pada hubungan ekonomi Australia-Indonesia.
 
Masing-masing peserta akan bertemu dengan para pemimpin masyarakat, pejabat pemerintah, perwakilan industri dan LSM.
 
Penghargaan tahunan Elizabeth O'Neill Journalism Award disponsori oleh Pemerintah Australia melalui Lembaga Australia-Indonesia.