Acer Gandeng Microsoft; Dukung UMKM Di Jatim Optimalkan TI

Acer Gandeng Microsoft; Dukung UMKM Di Jatim Optimalkan TI

Surabaya,  Kabarindo- Acer dan Microsoft menghadirkan platform teknologi yang mudah digunakan yaitu Windows 10 Pro dan perangkat notebook 2-in-1 multifungsi.
 
Tujuannya mendukung mobilitas dan produktivitas UMKM serta membantu memecahkan masalah dan hambatan yang dihadapi dalam meningkatkan daya saing dan menumbuhkan bisnis usaha mereka.
 
Saat ini jumlah UMKM di Indonesia sekitar 57, 9 juta. Dari jumlah ini, di Jawa Timur tercatat 6.852.931 unit dengan tenaga kerja sebanyak 11.117.439 orang menurut data Dinas Koperasi & UMKM Jatim pada 2015. Usaha mikro mendominasi sebanyak 6.533.694 atau 95,72% dengan hampir separo lebih mengusung gaya kerja mobile.
 
Riko Gunawan, Head of Product Acer Indonesia, mengatakan pihaknya mendekatkan diri dengan pelaku UMKM dengan menghadirkan jajaran notebook 2-in-1 yang memiliki fitur keamanan unggulan, kemampuan multitasking untuk berhubungan dengan pelanggan dimana saja, kapanpun dan menjangkau pasar lebih luas, serta pilihan kinerja yang memberikan mobilitas dan kebebasan untuk bekerja sesuai keinginan.

“Dari segi spesifikasi, berkat dukungan Windows 10, beberapa notebook 2-in-1 yang kami miliki memungkinkan pengguna untuk selalu terhubung dengan cloud dan internet, memiliki tingkat keamanan tinggi dan memangkas biaya usaha, sehingga mendorong terjadinya sistem kerja kolaboratif yang membantu UMKM untuk mempercepat pertumbuhan bisnis dan berdaya saing menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN,” ujarnya pada Selasa (15/3/2016).

Linda Dwiyanti, Windows Business Group Lead, Microsoft Indonesia,  mengatakan pertumbuhan UMKM di Indonesia meningkat pesat dan memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan. Riset mengungkapkan rata-rata UMKM mengusung gaya kerja mobile, sehingga kebutuhan terhadap perangkat yang dapat mendukung gaya kerja tersebut meningkat pesat.
“Bersama Acer dan mitra lainnya, kami menggelar Microsoft Device Days, sebuah kegiatan sosialisasi bagi 100 retailers Microsoft di Jakarta dan Surabaya, sehingga pelaku UMKM dapat melihat dan merasakan langsung manfaat dari perangkat-perangkat Windows 10,” ujarnya.

Rhein Mahatma, pendiri Startupbisnis.com dan Buattokoonline.id, mengatakan perkembangan teknologi yang cepat dan munculnya channel-channel baru di dunia digital memungkinkan pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara online, seperti melalui search engine, market place, media sosial dan website online shop. Hal ini menuntut pelaku UMKM untuk terus mengembangkan diri untuk menguasai cara penjualan di banyak channel. Selanjutnya memantau aktivitas tersebut agar dapat meningkatkan daya saing usaha dan memajukan bisnis.

Pendapat senada dilontarkan Faizah Riffat Ma’rifah, pemimpin Craftincraft.com, platform media digital yang khusus menerbitkan konten tentang craft (kerajinan) untuk memberikan nilai tambah bagi komunitas UMKM pengrajin di Jatim.

”Notebook 2-in-1 dari Acer dan platform Windows 10 akan membantu mobilitas dan produktivitas pengrajin. Mereka dapat memanfaatkan fungsi tablet untuk mempresentasikan hasil desain kepada calon pelanggan, memotret lalu mengunggah produk kerajinan mereka ke dalam portal lebih cepat. Juga ada fitur keamanan yang menjaga data mereka dan menjamin pengrajin bekerja dengan nyaman,” ujarnya.

Acer telah menghadirkan jajaran notebook 2-in-1 multifungsi di antaranya Acer One 10+ generasi kedua, Acer Switch 11V, Acer Switch 10e dan Acer Switch 12s. Semua perangkat ini dapat bertranformasi menjadi mode notebook untuk mendukung produktivitas kerja serta mode tablet untuk fleksibilitas dan gaya kerja mobile. Juga dilengkapi Windows 10 dan Office 365 di dalamnya yang menghadirkan sistem keamanan dan perlindungan terdepan.