Aceh Tengah; Siap Gelar MTQ keluarga

Aceh Tengah; Siap Gelar MTQ keluarga

Banda Aceh, Kabarindo- Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah akan menggelar Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) keluarga dengan menyiapkan hadiah umrah bagi pemenang kegiatan tersebut.

"MTQ keluarga dengan hadiah umrah ini akan diselenggarakan setelah Lebaran Idul Fitri dan nantinya akan menjadi event tahunan di kabupaten ini," kata Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Tengah, Alam Suhada di Takengon, Rabu.

Ia mengatakan pihaknya mengadakan sejumlah pertemuan untuk mematangkan kegiatan MTQ keluarga yang dinilainya belum pernah diselenggarakan di daerah mana pun.

"Kami juga telah melakukan pertemuan dengan bergai unsur ditingkat gampong/desa guna memberikan pemahaman terhadap MTQ keluarga yang akan dilaksanakan," katanya.

Pihaknya optimistis kegiatan MTQ keluarga tersebut akan berjalan dengan baik sesuai dengan berbagai persiapan yang telah ditentukan guna menyukseskan kegiatan tersebut.

"Kami yakin program MTQ keluarga ini akan berhasil, bahkan bukan tidak mungkin akan menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia, ataupun menjadi contoh dan diaakomodir dalam program nasional, bahkan menjadi contoh di dunia muslim Internasional," katanya.

Selaku penggagas MTQ keluarga, Bupati Aceh Tengah, H Nasaruddin mengatakan pelaksanaan MTQ keluarga tersebut bertujuan memotivasi dan memberikan penghargaan kepada keluarga mempelajari dan mempedomani Al Quran.

Nasaruddin mengatakan pihaknya telah berupaya meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap agama, diantaranya dengan menggerakkan pengajian, baik ditingkat kampung, kecamatan, ataupun pengajian bada magrib

"MTQ Keluarga berbeda, karena sasarannya untuk mendorong banyak keluarga yang bisa membaca Al Quran dengan baik dan kemudian memahami serta menerapkan Al Quran dalam kehidupan masyarakat," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.