AMD Punya Kartu Grafis Radeon RX 480; Pangkas Penggunaan Energi dan Biaya

AMD Punya Kartu Grafis Radeon RX 480; Pangkas Penggunaan Energi dan Biaya

Surabaya, Kabarindo- AMD berkomitmen untuk terus meningkatkan efisiensi energi pada produknya.

Usaha terbaru AMD adalah menghadirkan arsitektur Polaris yang memungkinkan untuk merancang kartu grafis yang menawarkan kekuatan hingga 2,8x kinerja per watt dibandingkan kartu grafis kelas gamer lainnya yang mungkin sudah dimiliki sejak dua tahun lalu. Namun kinerja per watt yang merupakan sebutan populer di sini merupakan standar pengukuran yang sering kali sulit untuk dibayangkan atau dihubungkan ketika diterapkan untuk jutaan kartu grafis.

Apakah komitmen nyata dari kinerja per watt untuk planet kita? Dengan bantuan Pure Strategies, AMD baru saja menyelesaikan studi baru untuk menjawab pertanyaan itu.

Rilis yang diterima dari AMD pada Jumat (26/8/2016), menyebutkan dengan kartu grafis Radeon RX 480 terbaru, siklus upgrade mendukung pembangkit tenaga listrik yang terjangkau, mampu mengurangi karbon dioksida (CO2) sebanyak 1,9 juta metrik ton yang masuk ke atmosfer kita setiap tahun.

Menurut American Forest, kelompok konservasi lingkungan non-profit tertua Amerika, mobil rata-rata mengeluarkan sekitar 8.320 pon CO2 setiap tahun. Ini berarti kartu grafis Radeon RX 480 bisa mengimbangi satu tahun mengemudi dari 500.000 mobil.

Menurut NC State University, rata-rata pohon Amerika dapat mengimbangi sekitar 48 pon CO2 per tahun. Dengan kata lain efisiensi energi dari kartu grafis Radeon RX 480 bisa bernilai luar biasa setara dengan 88.200.000 pohon.

US EPA memaparkan 2,8 miliar k/Wh penghematan energi tahunan dapat mengimbangi konsumsi daya selama setahun dari 290.000 rata-rata rumah orang Amerika. Berdasarkan biaya listrik dari US Energy Information Administration, 2,8 miliar kWh penghematan tahunan mewakili sekitar 350.000.000 dolar AS biaya energi yang dihemat!

Komitmen AMD untuk efisiensi energi dengan arsitektur Polaris dapat memiliki dampak yang nyata dan signifikan pada kesehatan dunia tempat kita tinggal.