ALL NEW MAZDA2; Dikerubungi Pengunjung IIMS 2014

ALL NEW MAZDA2; Dikerubungi Pengunjung IIMS 2014

Jakarta, Kabarindo- PT Mazda Motor Indonesia meluncurkan All New Mazda2 sebagai city car terbaru yang mengadopsi fitur terlengkap kendaraan Mazda generasi keenam.

All New Mazda2 yang merupakan evolusi dari model New Mazda2 yang semakin memukau dengan kehadiran 3 elemen kunci Mazda, yaitu SKYACTIV Technology, KODO – “Soul of Motion” Design, dan i-ACTIVSENSE.

Pada acara peluncurannya yang bertepatan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 beberapa waktu lalu, Keizo Okue, President Director PT Mazda Motor Indonesia, menuturkan, “Mazda
memahami bahwa esensi berkendara bukan hanya berpusat pada perpindahan dari satu titik ke titik lain, namun bagaimana pengemudi dapat menikmati pengalaman berkendaranya. Kini berkendara merupakan aktivitas yang lebih hidup dari sekedar rutinitas yang membosankan. Ketika pengemudi merasakan detak jantung dan adrenalinnya terpacu karena perasaan senang yang muncul, saat itulah mereka merasakan sensasi Be Alive yang menjadikan pengalaman berkendaranya lebih berkesan.”

“Dengan berpegang pada pemikiran ini, kami mempersembahkan All New Mazda2 yang memberikan kesenangan tanpa batas dan sensasi mendebarkan saat mengendarainya, sehingga pengalaman berkendara Anda menjadi lebih hidup. Melalui teknologi dan desain terobosan Mazda yang menciptakan kenikmatan, keamanan, serta kebanggaan saat berkendara, kami membawa Anda ke pencapaian baru dalam hidup – khususnya untuk merasakan pengalaman berkendara yang lebih hidup.” lanjut Okue.

All New Mazda2 mengadopsi rangkaian SKYACTIV Technology yang merupakan perpaduan sempurna dari performa berkendara, teknologi ramah lingkungan, serta performa keamanan terdepan. Dimulai dari mesin SKYACTIV-G 1.5L yang sangat efisien dengan teknologi injeksi
langsung serta rasio kompresi sangat tinggi, yaitu 13:0:1, berbobot ringan, dan resistensi mekanis yang rendah. Didukung dengan terobosan teknis yang terdiri dari dual sequential valve timing, multi-hole injectors, cavity pistons, dan sistem pembuangan 4-2-1, mesin ini memberikan lebih banyak keunggulan – dari sekedar menciptakan standar baru – untuk efisiensi bahan bakar, kontrol performa, dan emisi pada kelasnya. Seperti mesin SKYACTIV-G yang ada pada Mazda CX-5 dan Mazda6, mesin yang tertanam dalam All New Mazda2 juga turut meningkatkan performa Zoom-Zoom yang membedakannya dari kendaraan lain di kelas tersebut.

Selangkah lebih maju dari generasi sebelumnya, All New Mazda2 menawarkan dua jenis transmisi enam percepatan, yaitu transmisi manual SKYACTIV-MT dan transmisi otomatis SKYCTIV-DRIVE. Transmisi enam percepatan SKYCTIV-DRIVE memiliki elemen-elemen terbaik
dari setiap jenis transmisi. Dengan kemampuan lock-up range yang dapat diperpanjang hingga 93%, pengemudi dapat menikmati sensasi berkendara yang menakjubkan layaknya menggunakan transmisi manual, seperti perpindahan antar gigi yang sangat cepat dan halus.

Tidak hanya itu, transmisi ini juga memberikan keunggulan lainnya, seperti efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi serta akselerasi bertenaga dan halus dalam beragam kondisi berkendara.

Bagi pengemudi yang menginginkan kontrol penuh dalam perpindahan antar gigi, Mazda menghadirkan SKYACTIV-MT. Generasi terbaru dari transmisi manual enam percepatan ini menawarkan shift stroke yang sama pendek dan perpindahan yang positif serta ringan seperti pada Mazda MX-5, yang dicapai melalui perancangan ulang dari mekanisme perpindahan internal untuk aksi yang lebih efisien dan friksi yang minimum.

Hasilnya, transmisi ini memberikan perpindahan gigi yang akurat dan sangat cepat yang sejalan dengan semangat Zoom-Zoom milik Mazda.

Perpaduan dari SKYACTIV-BODY dan SKYACTIV-CHASSIS pada kendaraan terbaru Mazda ini menciptakan karateristik handling yang ringan; stabilitas berkendara yang menciptakan kepercayaan diri; dan kenyamanan berkendara yang membantu meminimalisir kelelahan selama perjalanan jauh. Melalui teknik yang inovatif, SKYACTIV-BODY memungkinkan rangka kendaraan menjadi 10% lebih ringan namun 22% lebih kokoh dibandingkan Mazda2 yang ada saat ini, sehingga mencapai dua tujuan yang umumnya bertentangan, yakni bobot yang lebih ringan dengan performa keamanan dan rigiditas yang lebih baik.

Sementara itu, SKYACTIV-CHASSIS yang diaplikasikan pada suspensi depan dan belakang memberikan sensasi kenyamanan untuk dikendarai serta meningkatkan respon terhadap input pengemudi yang menjadikan All New Mazda2 lincah di kecepatan rendah dan sedang, namun tetap stabil di kecepatan tinggi.

Di samping suspensi, sistem kemudi juga dirancang dengan standar tertinggi untuk compact car yang menghasilkan handling gesit dengan kemudi yang merespon sesuai dengan input pengemudi. Hal ini menjadikan All New Mazda2 sangat cocok dikendarai pada jalanan ibukota yang padat, jalanan berliku-liku atau jalan bebas hambatan yang membutuhkan performa handling yang nyaman dan lebih stabil sehingga dapat meminimalisir rasa lelah meski pada perjalanan jauh sekalipun. Revisi pada sistem Electric Power-Assisted Steering (EPAS), rasio steering-gear yang lebih cepat dan steering-gear mounts yang lebih rigid juga berperan dalam mencapai performa handling yang unggul.

Sebagai mobil generasi terbaru, All New Mazda2 juga dibangun dengan metode khusus untuk struktur konstruksi, teknik pengelasan, dan kombinasi besi baja high-tensile dan ultra-hightensile, di mana seluruhnya memberikan performa mengagumkan pada tiga area utama, yakni keamanan saat terjadi benturan, kenikmatan berkendara, dan perasaan menyatu dengan mobil.

Selain performa dan keamanan berkendara, All New Mazda2 juga mengadopsi fitur i-Stop (idling stop system) Mazda yang secara otomatis menghentikan kinerja mesin di saat kendaraan sedang berhenti sehingga mencegah pemborosan bahan bakar dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Mesin akan kembali hidup secara otomatis saat pedal rem dilepas atau gas mulai dipijak. Sistem restart ini bekerja dengan sangat halus dan hanya membutuhkan waktu singkat sekitar 0,35 detik.

Ryo Yanagisawa, Chief Designer All New Mazda2, memaparkan, ”Layaknya kendaraan generasi keenam Mazda lainnya, All New Mazda2 juga mengadopsi KODO – “Soul of Motion” Design. Dengan KODO – “Soul of Motion” Design, kami menghembuskan sebuah kehidupan pada potongan-potongan baja penyusun kendaraan ini, sehingga menjadikannya tampil penuh gairah dan menonjol dari mobil-mobil lain di kelasnya.”

“Desain All New Mazda2 terinspirasi dari gerak seekor cheetah yang siap menerkam mangsanya. Gerakan ini diterjemahkan ke dalam pelepasan energi yang terkonsentrasi di bagian belakang kendaraan. Bila diperhatikan dengan seksama, bagian bahu kendaraan terangkat tinggi dan fender belakang menggembung sehingga memperlihatkan akumulasi energi tersebut yang dilepaskan dalam bentuk ledakan pada saat kendaraan bergerak maju”, lanjut Yanagisawa.

Dengan panjang 4.062 mm dan dikombinasikan dengan lebar 1.697 mm dan tinggi 1.497mm, bagian eksterior mobil yang kokoh juga dapat dilihat dari revisi posisi roda depan yang lebih maju dari generasi sebelumnya untuk mendukung handling yang lebih baik dan berpengaruh pada desain interior yang mengutamakan kenyamanan berkendara.

Untuk memberikan visibilitas fungsional yang lebih baik dengan kesan futuristik, mobil ini mengaplikasikan desain lampu depan dengan empat buah Light Emitting Diode (LED) yang menggunakan projector-type dan parabolic LED lamp pada setiap lampu bagian depan.

Dengan penambahan round light guide, lampu-lampu ini menyerupai sorotan tajam binatang buas. Hal serupa juga dapat dilihat pada desain lampu belakang yang mengombinasikan desain ramping dan tajam dengan bentuk lampu yang memanjang secara horizontal. Untuk
menghasilkan kesan sporty yang menarik perhatian, All New Mazda2 menggunakan aluminium alloy wheel berwarna abu-abu kontras yang mempertegas ciri khas kendaraan ini.

Pada bagian interior, All New Mazda2 mempunyai kualitas komponen yang sangat baik dan dengan sempurna memadukan berbagai material berkualitas tinggi, seperti satin chrome, panel piano black dan panel dengan tekstur serat karbon. Sementara itu, zona kokpit dirancang untuk merangkul pengemudi serta area penumpang dirancang untuk memberikan kenyamanan dan kelegaan yang maksimal.

All New Mazda2 juga dilengkapi dengan i-ACTIVSENSE, sebuah teknologi keamanan aktif terdepan milik Mazda yang dirancang untuk mengingatkan pengemudi, membantu mengantisipasi dan mencegah bahaya dalam perjalanan. Tiga fitur i-ACTIVSENSE yang tertanam dalam kendaraan ini adalah Advanced Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic
Alert dan Smart City Brake Support, di mana ketiganya sangat diperlukan pada segala kondisi jalanan ibukota.

All New Mazda2 merupakan kendaraan pertama Mazda di Indonesia yang dilengkapi dengan MZD Connect, sebuah fitur yang memungkinkan penggunaan konektivitas internet dan layanan social networking (keduanya dinilai penting) dengan aman dan mudah ketika mereka
sedang transit. Fitur ini juga berperan sebagai entertainment hub yang memungkinkan pemutaran beragam format media yang populer.

Pusat komando MZD Connect disesuaikan dengan posisi terbaik pengemudi untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan berkendara dengan konsep Heads-up Cockpit.

Konsep desain ini akan membantu pengendara lebih fokus mengemudi dikarenakan semua panel dan sistem pengaturan berada pada posisi yang sangat mudah dijangkau dan nyaman mengelilingi pengendara dan ditampilkan pada satu layar ramping yang menyiratkan esensi
teknologi terkini.

Pengaplikasian fitur ini memberikan nilai lebih pada kenyamanan berkendara dengan mengambil fungsi dan kegunaan dari koneksi internet sebagai hal yang relevan di era berkendara saat ini. Dengan MZD Connect, Mazda menunjukkan evolusi teknologi untuk menciptakan tingkat kenyamanan berkomunikasi para Zoom-Zoom Lovers dan manajemen incar entertainment yang sangat menarik serta mudah untuk dioperasikan.

Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia, menjelaskan, ”Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2009, kehadiran Mazda2 telah memperoleh sambutan hangat dari penggemar hatchback tanah air, terbukti dengan keberhasilannya meraih beberapa penghargaan otomotif bergengsi dari dalam dan luar negeri. Melanjutkan kesuksesan tersebut, All New Mazda2 kembali dihadirkan dengan standar baru yang melampaui ekspektasi para Zoom-Zoom lovers.”

“Adapun 5 varian yang dipasarkan adalah V grade dengan transmisi manual, V grade dengan transmisi otomatis, R grade dengan transmisi manual, R grade dengan transmisi otomotis, serta GT grade dengan transmisi otomatis sebagai varian tertinggi dan terlengkap. Untuk memberikan pilihan warna yang beragam, All New Mazda2 hadir dengan serangkaian warna yang menarik, di antaranya Soul Red Premium Metallic, Dynamic Blue Mica, Snowflake White Pearl Mica, Black Mica, Metropolitan Grey Mica, dan Aluminium Metallic. Seluruh varian All New Mazda2 tersebut dapat dipesan mulai hari ini di seluruh dealer Mazda se-Indonesia.