AFI 2016 Sulut; Siap Dihadiri Mendikbud RI

AFI 2016 Sulut; Siap Dihadiri Mendikbud RI

Grand Kawanua, Hotel Novotel, Manado, Sulut, Kabarindo- Saat Anda membaca berita ini.

Tidak lama lagi persiapan parade artis ibukota yang saat ini sedang sudah hadir di Kota Manado sebagai perhelatan bergengsi AFI 2016, malam puncaknya besok malam, 08 Oktober di Grand Kawanua Convention Centre.

Dari baliho dan spanduk yang sudah menyambut dari Bandara International Sam Ratulangi para undangan Pusbang Film, media, artis ibukota dan juga komunitas perfilman KCFI dan DFI juga ikut serta bersama dengan para dewan juri.

Sulawesi Utara akan menorehkan sejarah dibawah kepemimpinan Olly Dondokambey selaku Gubernur Sulut bersama dengan wakilnya Steven Kandouw menjadi tuan rumah supremasi piala Dewantara AFI 2016 yang memasuki babak baru dan bertepatan dengan HUT ke-52 Sulut

Mari Jo Torang sukseskan karena Kita Torang Basudara menjadi kalimat yang berseliweran menyambut Bisma, Ben Joshua, Kinaryosih, aktor senior Widyawati, Rima Melati dan peraih Lifetime Achievement FFB 2016, Niniek L Karim bersama dengan ketua panitia, Donny Damara bersama dengan pemain film lainnya sore ini akan parade keliling kota dan disambut gala dinner oleh Gubernur Sulut dan jajaran SKPD serta unsur Muspida Sulawesi Utara.

Tidak hanya AFI tapi juga ada acara Festival Pesona Selat Lembeh (Pelabuhan Perikanan Bitung)

Redaksi mengutip, “Pemberian penghargaan kepada insan film yang telah berhasil memajukan standar pesan moral dan artistik dalam karya film sangat penting. Itu dilakukan untuk menunjukan keluhuran budaya Indonesia di mata dunia, yang akan di gelar di Grand Kawanua Menado” ujar Muhadjir Effendy, Mendikbud (kutipan dari Tempo)

Hadir juga para dewan juri Apresiasi Film Indonesia [AFI] 2016 yang diketuai oleh Embi C. Noer, dengan anggota: Totot Indrarto, Yan Widjaya, Tommy F. Awuy, Dimas Jayasrana, Tio Pakusadewo, Chandra Endroputro, Lukman Sardi, Lasja F. Soesatyo, Dewi Umaya, dan Ratih Ibrahim telah menetapkan calon penerima Piala Dewantara AFI 2016.

Tentu saja redaksi sudah punya pilihan dan besok pagi siap dirilis siapa saja dari 5 kandidat film dibawah ini akan meraih Piala Dewantara untuk kategori Apresiasi Film Cerita Panjang Bioskop:
1.    Athirah
2.    Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara
3.    Salawaku
4.    Surat Cinta Untuk Kartini
5.    The Window

Dari redaksi menaruh harapan dan memang berlatar kearifan lokal, punya karakter kuat serta melibatkan daerah untuk film arahan Riri Riza dan menjadi kandidat film yang akan dikirim AsianFilmMarket oleh Pusbang Film.

Film Athirah menjadi pilihan dari redaksi.

Sementara itu dari pihak Pusbang Film yang dipimpin oleh pak Maman Widjaya diperoleh info menarik.

"Anggaran total AFI yg tersedia 4.882.850.000. Membiayai rangkaian persiapan konten, publikasi, Seleksi dan Penjurian, Roadshow di 4 kota, Malam Nominasi dan Malam Penganugerahan Piala Dewantara AFI 2016," jawab Gufri-PusbangFilm Kemendikbud RI dari WA redaksi siang tadi.


Ayo Sukseskan & Jadikan AFI 2016 Kebanggaan Nasional.....!