900 PKL Pindah ke Blok G Tanah Abang; Dapat Kios Gratis

900 PKL Pindah ke Blok G Tanah Abang; Dapat Kios Gratis

Jakarta, Kabarindo- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meminta para pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Tanah Abang untuk tidak khawatir bila direlokasi ke blok G.

Sebab, selama enam bulan para PKL yang pindah ke blok G tersebut akan dibebaskan dari uang sewa. Biaya yang dikeluarkan hanya untuk listrik dan kebersihan.

"Tidak dipungut biaya, statusnya selama 6 bulan free, setelah itu baru dikenakan biaya sewa," ujar Manager Area Pusat Satu PD Pasar Jaya, Made Ringgahadi di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu 11 Agustus 2013 seperti dilansir dari laman viva.

Made melanjutkan, setelah menghuni selama enam bulan, para PKL akan di evaluasi apakah layak untuk menempati kios tersebut. Jika layak akan diperpanjang dan harus membayar sewa, jika tidak akan dialihkan kepada pedagang lainya.

Dari 1.600 kios di blok G, pihaknya menyediakan 968 kios yang belum terpakai. Para PKL, menurutnya sangat antusias dengan relokasi tersebut, bahkan dari kuota tersebut masih banyak yang antre untuk menggunakannya.

"Masih ada 200-an yang mengantre, terpaksa itu harus bisa dilayani," kata dia.

Kondisi blok G, kata Made, saat ini juga sudah siap pakai. Meskipun masih ada sedikit perbaikan yang harus dilakukan. Hal tersebut akan selesai sejalan dengan proses relokasi tersebut.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan blok G agar para PKL yang ditutup lapaknya masih dapat berdagang. Sedikitnya 900 PKL yang akan menempati Blok G, yang saat ini baru 90 persen siap ditempati.