8.172 Seat KA Tambahan Lebaran; Dijual Mulai 16 April 2018

8.172 Seat KA Tambahan Lebaran; Dijual Mulai 16 April 2018

8.172 Seat KA Tambahan Lebaran; Dijual Mulai 16 April 2018

 

Untuk KA Gajayana, KA Sembrani, KA Sancaka, KA Pasundan, KA Matarmaja & KA Kertajaya

 

Surabaya, Kabarindo- PT KAI Daop 8 Surabaya siap menjual tiket 6 perjalanan kereta api (KA) tambahan mulai Senin, 16 April 2018. Sebanyak 8.172 seat per hari untuk KA tambahan serentak dijual mulai hari ini.

 

Enam perjalanan KA tersebut adalah KA Gajayana Lebaran relasi Gambir – Malang dengan kapasitas 900 seat, KA Sembrani Lebaran relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi dengan kapasitas 900 seat, KA Sancaka Lebaran relasi Yogyakarta -Surabaya Gubeng dengan kapasitas 1.420 seat, KA Pasundan Lebaran relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng dengan kapasitas 1.368 seat, KA Matarmaja Lebaran relasi Pasarsenen-Malang dengan kapasitas 1.792 seat dan KA Kertajaya Lebaran relasi Pasarsenen-Surabaya Pasar Turi dengan kapasitas 1.792 seat.

 

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko, mengatakan 6 KA tersebut akan mulai beroperasi pada tanggal yang bervariasi. Sebagian besar mulai beroperasi pada 8 Juni hingga 25 Juni 2018. Namun ada KA yang beroperasi lebih awal yaitu Kertajaya Lebaran yang dioperasikan mulai 5 Juni 2018 hingga 26 Juni 2018.

 

Masyarakat dapat memesan tiket KA tambahan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, gerai, minimarket, jaringan PPOB, website dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang bekerja sama dengan KAI.

 

Pada masa angkutan Lebaran tahun ini, KAI memperbesar kapasitas bandwidth dari 150 MB menjadi 400 MB untuk kelancaran akses pemesanan tiket. KAI juga memperkuat sistem keamanan dengan meng-upgrade sistem firewall untuk meminimalisasi risiko gangguan sistem TI serta mengoptimalkan server-server penjualan tiket KA.

 

Berikut tips untuk berburu tiket KA tambahan Lebaran 2018:

 

  1. Usahakan agar koneksi internet stabil selama proses pencarian tiket.
  2. Carilah alternatif tanggal atau rute KA, karena KA tambahan Lebaran 2018 akan dirilis bersamaan. Misalnya berangkat dari Bandung atau stasiun di kota lainnya.
  3. Carilah alternatif tiket terusan. Misalnya jika ingin menuju Semarang, dapat memesan tiket dengan relasi Stasiun Pasarsenen-Stasiun Tegal untuk kemudian meneruskan dengan KA relasi Tegal-Semarang.
  4. Trafik akan sangat penuh pada menit-menit pertama tiket dirilis. Karena itu, cobalah memesan tiket pada jam 01.00-an. Pada beberapa kasus, pelanggan berhasil memesan tiket pada menit-menit awal, namun tidak segera melakukan pembayaran maksimal satu jam setelah pemesanan sehingga tiket hangus dan kembali available.
  5. Cek berkala di situs penjualan atau contact center. Karena jika ada yang batal atau belum bayar setelah satu jam, maka tiket tersebut akan muncul kembali.

Sementara itu, sampai 13April 2018, dari jumlah tempat duduk KA reguler jarak jauh dan menengah (tidak termasuk KA lokal) telah terjual sebanyak 42,91%. Jadi masih banyak tiket KA reguler yang tersedia dengan berbagi rute dan tanggal tertentu.

 

Untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa KA selama masa angkutan Lebaran, PT KAI akan menggelar program pembagian takjil dan makan gratis (buka dan sahur bersama) untuk penumpang pada 10 hari puasa terakhir. PT KAI juga akan mengerahkan seluruh karyawan untuk membantu pelayanan di stasiun-stasiun.

 

Dirut PT KAI, Edi Sukmoro, menambahkan PT KAI akan mendirikan posko Angkutan Lebaran 2018 mulai 5-26 Juni 2018. Selama masa tersebut, seluruh karyawan PT KAI akan dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun dan tidak diperkenankan mengambil cuti tahunan.

Penulis: Natalia Trijaji