7.000 Pelajar Indonesia; Saat Ini Studi Di Amerika Serikat

7.000 Pelajar Indonesia; Saat Ini Studi Di Amerika Serikat

Medan, Kabarindo- Paling tidak 7.000 pelajar asal Indonesia melanjutkan studi di berbagai perguruan tinggi di Amerika Serikat, baik tingkat S-I, S-2 maupun S-3.

Konsultan Pendidikan EducationUSA, Jeffrey Jeo, di Medan, Kamis, mengatakan, dalam beberapa tahun belakangan ini jumlah pelajar Indonesia yang melanjutkan jenjang pendidikan di Amerika Serikat terus mengalami peningkatan.

"Rata-rata setiap tahun peningkatan jumlah itu mencapai 5-10 persen. Program studi yang paling banyak diminati adalah bisnis, sains, dan teknik mesin," katanya.

Ia mengatakan tingginya minat pelajar asal Indonesia melanjutkan studi ke berbagai perguruan tinggi terkemuka di Amerika Serikat dewasa ini, tentunya sangat menggembirakan,

Namun, lanjut dia, jika dibandingkan dengan jumlah pelajar China yang belajar di Amerika Serikat, jumlah pelajar Indonesia masih tergolong sedikit.

Atas dasar itulah, pihaknya menggelar pameran pendidikan di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya dan Medan, sehingga akan lebih banyak lagi pelajar Indonesia yang mengenal perguruan tinggi Amerika Serikat.

Pameran di Medan digelar 5 Februari 2015, Jakarta 7 Februari 2015, Surabaya 8 Februari 2015.

"Ada 40 perguruan tinggi di Amerika Serikat yang ikut pameran ini. Kalapun untuk pameran di Medan, yang ikut pameran hanya 24 perguruan tinggi," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.