60 Tahun KAA; Indonesia Siap Gelar April 2015

60 Tahun KAA; Indonesia Siap Gelar April 2015

Jakarta, Kabarindo- Pemerintah Indonesia akan melangsungkan peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika dan 10 tahun Kesepakatan Kerjasama Strategis Asia Afrika pada April 2015.

Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi dalam keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Jumat mengatakan terdapat dua kegiatan besar yang masing-masing berlangsung di Jakarta dan Bandung.

"Dua segmen besar KTT negara Asia Afrika yang akan dilakukan di Jakarta 19 April sampai 23 April dan segmen kedua, peringatannya di Bandung 24 april 2015," kata Retno.

Pemerintah akan mengundang 109 pemimpin negara dan 25 organisasi untuk hadir dalam perhelatan tersebut.

"Segmen di Jakarta, terdiri atas beberapa pertemuan SOM (pejabat senior-red), pertemuan tingkat menteri dan pertemuan di tingkat kepala negara dan persiapan akan segera dilakukan," katanya.

"Selain itu juga akan dilakukan side event besar Asia Afrika Bussinnes Summit dan Asia Africa Carnival yang akan dikelola Walikota Bandung dan pemerintah Provinsi Jawa Barat," lanjut Menlu.

Sementara itu Walikota Bandung Ridwan Kamil mengatakan dengan waktu persiapan yang pendek, hanya sekitar tiga bulan, maka rapat koordinasi persiapan akan dilakukan setiap pekan.

Ia mengatakan ada wacana untuk meliburkan aktivitas perkantoran saat acara berlangsung di Bandung seperti dilansir dari laman antaranews.