6 SS Berlalu; Subhan Aksa 5 Besar WRC2

6 SS Berlalu; Subhan Aksa 5 Besar WRC2

Jakarta, Kabarindo- Tiga SS (Special Stage) awal RACC Rally de Espana yang berlangsung malam hari akhir pekan ini dilewati Subhan ‘Ubang’ Aksa dengan penuh kewaspadaan.

Ia sama sekali tak tergoda untuk menyaingi para pereli papan atas kelas WRC2 yang diikutinya. Tapi, prinsip waspada tak berarti harus pelan bawa pacuan. Artinya, dalam tiga SS itu Ubang tak harus mengerahkan seluruh kemampuan yang ia miliki.

"Masih sedikit kurang percaya diri untuk tancap gas maksimal. Kita lalui dengan hati-hati. Terutama dengan keadaan yang gelap ditambah lintasan SS yang sebagian baru pertama kali ini saya lewati. Selian itu,  pacenote-nya masih baru, belum betul-betul meyakinkan," komentar pentolan Bosowa Fastron Rally Team (FBRT) itu yang akhirnya menyelesaikan tiga SS dengan posisi 6 Besar.

Hari kedua, Sabtu (26/10), mempertandingkan 9 SS dan semuanya berlangsung siang. Ubang dan navigator Nicola Arena mulai ‘melek’ dan coba tingkatkan kecepatan untuk mendongkrak posisi. Pelan tapi pasti, mereka mulai bisa mengimbangi sejumlah pereli di atasnya. Hingga SS6 yang berakhir siang waktu Spanyol atau Sabtu petang WIB, posisi Ubang sudah naik setapak ke posisi 5 Besar WRC2. Untuk hasil keluruhan dari  59 starter, peringkatnya di posisi  21.

“Masih tersisa 3 SS hari ini. Peta persaingan belum terlalu jelas dan masih sangat mungkin terjadi pergeseran posisi. Urutan 1 sampai 7 Besar hanya dipisahkan selisih waktu di bawah 12 menit sementara perjalanan masih panjang. Buat saya sendiri, hasil sementara ini sangat memuaskan,” papar Ubang.

Dari 6 SS yang sudah dilalui, ia merasa SS5 yang paling berat. Lintasan bernama El Priorat itu berjarak yang paling panjang yaitu 42 km dan penuh kelokan patah yang menyiksa kinerja rem. Akibatnya, mobil R5 yang dibesut Ubang pun sempat kehilangan fungsi rem pada beberapa kilometer terakhir. Pacuannya harus melambat dan akhirnya finish ke-7 pada lokasi itu.

Sementara ini ada empat pereli WRC2 di atas Ubang. Tercepat adalah Robert Kubica (Polandia) yang memenangi seluruh SS awal. Mantan pembalap Formula 1 itu memang favorit juara. Posisi kedua ditempati Elvyn Evans (Inggris) yang merupakan kolega Ubang karena sama-sama dalam naungan teknis M-Sport. Urutan 3 dan 4 ditempati Sepp Wigand (Jerman) dan Yazeed Al Rahji (Saudi Arabia).

“Sekarang yang penting adalah mempertahankan posisi dalam tiga SS terakhir hari ini, syukur kalau bisa naik setingkat lagi. Dari situ akan kita tentukan langkah berikutnya pada hari terakhir Minggu (27/10). Insya Allah semuanya lancar dan bisa finish dengan posisi lebih baik,” tandas Ubang, sesaat sebelum start SS7.