453 Capaja; Siap Dilantik Presiden RI

453 Capaja; Siap Dilantik Presiden RI

Jakarta, Kabarindo- Sebanyak 453 Calon Perwira Remaja (Capaja) Akademi TNI.

Siap dilantik oleh Presiden Republik Indonesia Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono pada upacara Praspa (Prasetya Perwira) TNI, Kamis besok 26 Juni 2014 di Lapangan Dirgantara AAU Yogyakarta.

Masing-masing akademi angkatan meluluskan Perwira Remaja (Paja) dengan rincian Akmil 249 perwira, AAL 99 perwira dan AAU 105 perwira.Perwira remaja ini selain memperoleh pangkat letnan dua (Letda) juga gelar Sarjana SS.T. Han (Sarjana Sains Terapan Pertahanan) dengan  menempuh pendidikan  selama empat tahun. Pernyataan tersebut disampaikan Danjen Akademi TNI Marsda TNI Bambang Samoedro, S.Sos.,M.M. pada acara jumpa pers di Mako Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Rabu (25/6/2014).
 
Pejabat yang hadir pada jumpa pers diantaranya, Gubernur Akademi Angkatan Laut  Laksda TNI Taufiqoerrohman, S.E, Gubernur Angkatan Udara Marsda TNI  Tabri Santoso, S.IP, dan Gubernur Akmil diwakili oleh Direktur Pendidikan Mako Akademi TNI Brigjen TNI Gustaf Heru.
 
Akademi TNI Marsda TNI Bambang Samoedro, S.Sos.,M.M. mengatakan bahwa, pada upacara tersebut bertindak selaku Irup adalah Presiden RI Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono dan Komandan Upacara Danwingtar (Komandan Wing Taruna) AAU Kolonel Pnb Ronald Lucas Siregar yang merupakan lulusan AAU tahun 1992.
 
Adapun lulusan terbaik dan memperoleh tanda penghargaan Adhi Makayasa masing-masing dari Akmil atas nama Letda Inf Tegar Aji Widhiwardhana  (putra pasangan Suseno, M.Pd / Sri Handiyah Tasminingsih) asal  Ponorogo.  Dari AAL Letda Laut (P) Egistya Pranda (putra pasangan Kolonel Laut (E) Sugiarto / Lisda Rusyanti) asal Bekasi, dan dari AAU Letda Lek Chandra Ari Wijaya (putra pasangan Karjono, S.P. / B. Sukarningsih, S.E.) asal Lombok NTB.
 
“Ketiga penerima tanda penghargaan Adhi Makayasa tersebut merupakan alumni SMA Taruna Nusantara yang lulus tahun 2010”, ungkap Danjen Akademi TNI.
 
Menurutnya, Adhi Makayasa merupakan penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari setiap Matra TNI (AD, AL dan AU), penerimanya adalah Capaja yang secara seimbang mampu menunjukkan prestasi terbaik di tiga aspek yaitu akademis, jasmani dan kepribadian (mental).   Penganugerahan Adhi Makayasa secara langsung diberikan oleh Presiden RI.
 
Sejak tahun 1984 sampai tahun 2003, pelantikan perwira remaja lulusan Akademi TNI dan penganugerahan Adhi Makayasa dilaksanakan di Istana Merdeka, namun mulai tahun 2004 pelantikan dilaksanakan secara bergantian di Akmil, AAL dan AAU.