45 Film Indonesia Siap Berlaga; INDONESIAN MOVIE AWARD (IMA) 2012

45 Film Indonesia Siap Berlaga; INDONESIAN MOVIE AWARD (IMA) 2012

Hard Rock Cafe, Jakarta, Kabarindo- Tahun 2012 ini ada juri bari IMA yaitu Alex Komang dan Aditya Gumay dan tetap diketuai oleh Didi Petet.

Mereka bergabung dengan dua juri sebelumnya yaitu Leila Salikha Chudori dan Salman Aristo. Penambahan dua juri baru tersebut,menurut Director of Production & Programming RCTI Ella Kartika,sebagai penyegaran dan lebih meningkatkan mutu IMA 2012.

”Tahun ini kami menggandeng dua wajah baru di jajaran dewan juri.Dengan begitu,diharapkan nominasi yang dihasilkan akan lebih baik lagi,”ujar Ella saat jumpa pers IMA 2012di Hardrock Cafe,Jakarta Pusat,Rabu (23/5) seperti dilansir dari laman Sindo.

Menurut Didi Petet,proses penjurian nanti dipastikan sangat ketat karena banyak nominasi yang memiliki kualitas di atas rata-rata.”Dalam proses kali ini cukup menarik. Banyak film yang beragam, banyak yang bagus.Aktor-aktornya juga cukup beragam, banyak yang baru dan muda,” sebut Didi. Penjurian dipastikan tidak ada intervensi dari pihak lain. ”Kami betul-betul independen untuk menentukan siapa yang patut menang,”imbuhnya.

Memasuki tahun ke-6 pergelarannya, IMA 2012ini menjadi komitmen RCTIuntuk menyalurkan aspirasi dalam mengapresiasi karya-karya perfilman nasional. ”RCTIselaku penyelenggara Indonesian Movie Award akan terus menunjukkan komitmen untuk terus mengadakan kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi dan kontribusi terhadap perkembangan dunia perfilman di Tanah Air,” ujarnya.

Ajang IMAtahun ini akan difokuskan pada sisi seni peran atau akting yang tidak dilakukan ajang penghargaan serupa yang lain. Ada 45 judul film Indonesia yang telah dinilai dewan juri.Film-film tersebut adalah film produksi Indonesia yang dirilis,baik di dalam maupun luar negeri dengan periode mulai 1 Maret 2011 sampai 28 Februari 2012.

Ada 14 kategori penilaian, yaitu delapan kategori penilaian terbaik dan enam kategori penilaian terfavorit. Kategori penilaian terbaik dipilih langsung tim juri.

Menurut Didi Petet,pada tahun ini proses untuk memasukkan nama aktor atau aktris menjadi nominasi,cukup menarik. Di situ terjadi perdebatan cukup sengit dan diskusi panjang yang mewarnai keputusan para juri untuk menentukan siapa yang layak masuk nominasi. ”Masing-masing dari kami (juri) memiliki penilaiannya sendiri.Mereka memberikan masukan dan penilaian berimbang untuk sebuah karya film yang pastinya hasil penilaian tersebut dapat dipertanggungjawabkan. Adapun untuk kategori terfavorit,pemenangnya dipilih langsung oleh pemirsa setia RCTIdengan cara mengirimkan SMS ke nomor 6288,”ucapnya.

Sementara,juri pendatang baru,Aditya Gumay,mengungkapkan, ajang IMAini hanya fokus pada penilaian seni peran (akting).Jadi,IMAmerupakan ajang yang luar biasa untuk para aktor dan aktris karena hanya fokus pada areanya. ”Ajang IMAini sebenarnya mirip dengan ajang Screen Build Actor di Amerika karena ajang penghargaan film ini sama-sama hanya menilai seni peran.Namun,hal yang membedakan di antara keduanya, yakni apabila di ajang Screen Build Actor yang menjadi juri aktor dan aktris sehingga mereka menilai kawan-kawannya sendiri.

Akan tetapi,di IMA ini,komposisi juri lebih lengkap dari seluruh elemen yang ada di dalam industri perfilman Tanah Air,”ujar Aditya. Perhelatan Indonesian Movie Awards 2012berlangsung pada Rabu (30/5) dan disiarkan secara langsung oleh RCTIdari Tennis Indoor,Senayan, Jakarta,pada pukul 21.00 WIB.

Perhelatan akbar untuk insan perfilman Indonesia ini akan dimeriahkan sederet artis terkenal,seperti Koil, Bondan & Fade 2 Black,Yovie Nuno,Cowboy Junior,Pentaboyz, Latinka,Gisel,Angel Pieters,Dewi Sandra feat Olla Ramlan.

Adapun deretan pembaca nominasi,antara lain Shareefa Danish,Mario Irwinsyah,Titi Sjuman,Ari Sihasale,Nia Zulkarnaen,Ade Irawan,Ria Irawan,Dewi Irawan, Cut Mini,Yama Carlos, Rangga Djoned,Mieke Wijaya, Pierre Gruno,Wulan Guritno, Reza Rahardian,Tio Pakusadewo, Ray Sahetapi,dan Happy Salma.Sementara pembawa acaranya,yakni Winky Wiryawan dan Prisia Nasution.