3.539 Aparat; Siap Amankan Mudik Lebaran Sumut

3.539 Aparat; Siap Amankan Mudik Lebaran Sumut

Medan, Kabarindo- Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menurunkan 3.539 aparat dalam mengamankan mudik Lebaran 2014.

Jumlah tersebut melibatkan pasukan TNI dan pihak pemerintahan.

"Polisi juga ditempatkan di sejumlah titik yang dianggap rawan atas kejahatan dan kepadatan arus kendaraan di jalan lintas," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Pol Raden Heru Prakoso di Medan, Kamis (24/7).

Heru mengatakan, pengamanan Lebaran oleh tim gabungan tersebut, untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat yang melakukan mudik ke kampung halaman. Petugas juga menyediakan sarana tempat peristirahatan pemudik.

"Koordinasi sudah berjalan, termasuk untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. Misalnya, kawasan yang rawan atas musibah longsor maupun daerah rawan kejahatan. Aparat juga ditempatkan di daerah yang rawan tersebut," katanya.

Menurutnya, angka kecelakaan dan kejahatan bisa ditekan jika semua pihak terus berkoordinasi. Tidak hanya antaraparat dengan pemerintah, peran masyarakat juga dibutuhkan dalam menciptakan suasana aman saat mudik lebaran itu seperti dilansir dari laman beritasatu.