3.158 Petugas Kebersihan; Dikerahkan......!

3.158 Petugas Kebersihan; Dikerahkan......!

Jakarta, Kabarindo- Tingginya aktifitas warga Jakarta saat malam takbiran, berdampak pada tingginya volume sampah di berbagai sudut Ibu Kota yang akan menjadi konsentrasi massa.

Sementara esok paginya, jalan-jalan ibu kota harus bersih dari sampah karena seluruh warga Jakarta akan melaksanakan Salat Idul Fitri (Id) 1434 Hijriah.

Untuk mengantisipasi banyaknya sampah di malam takbiran, Dinas Kebersihan DKI Jakarta akan mengerahkan 3.158 petugas kebersihan untuk membersihkan sampah-sampah malam takbiran di berbagai jalan protokol, tempat wisata dan masjid-masjid besar.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Unu Nurdin mengatakan penyapuan dan pengangkutan sampah di setiap wilayah dilakukan mulai pukul 00.00 sampai dengan 05.00. Pihaknya akan melakukan monitoring dari pembersihan sampah yang dilakukan petugas kebersihan di bawah koordinas suku dinas kebersihan dan dinas kebersihan sendiri.

”Sampah paling banyak itu terjadi pada malam takbiran. Lalu setelah Salat Idul Fitri (Ied). Namun volumenya tidak terlalu banyak lah,” kata Unu, Rabu (7/8) seperti dilansir dari laman beritasatu.

Seluruh petugas kebersihan akan disebar ke tempat yang menjadi lokasi keramaian atau pusat konsentrasi masyarakat. Seperti Bunderan Hotel Indonesia (HI), Monas, dan jalan protokol Sudirman-Thamrin.

Unu menjelaskan, pada saat malam takbiran, pihaknya akan mengerhakan 337 unit armada pengangkut sampah. Terdiri dari truk, mobil penyapu jalan, mobil toilet, gerobak motor dan gerobak dorong.

”Kami imbau juga kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Itu bisa meringankan kerja petugas di lapangan," tukasnya.