21Express 2015; Rambah e-Commerce Ritel

21Express 2015; Rambah e-Commerce Ritel

Jakarta, Kabarindo– PT Globalindo Dua Satu Express (21Express), perusahaan jasa titipan dan logistik yang selama 25 tahun melayani perusahaan-perusahaan besar terkenal, memaparkan rencananya untuk memasuki industri jasa kurir ritel seiring dengan pertumbuhan pangsa pasar e-commerce yang semakin meningkat di Indonesia.

Ibu Tjia Anastasia (Ibu Vivi), pendiri dan CEO 21Express berkata, “Perusahaan ini dibentuk berawal dari sebuah pengamatan mengenai  tingginya permintaan pengiriman barang domestik dan internasional serta pentingnya sebuah jasa logistik dan transportasi yang terpercaya, mengingat wilayah Indonesia yang sangat luas. Pendistribusian barang secara tepat waktu dan aman menjadi penting dan bisnis kami dibangun dari rasa percaya dan komitmen terhadap klien-klien kami.”

“Kami merupakan perusahaan jasa pengiriman pertama yang menjadi mitra perusahaan distributor alat komunikasi pertama karena komitmen kami terhadap high value system.  Setiap bulan, rata-rata kami mengirimkan lebih dari 130.000 paket ke seluruh Indonesia,’’ lanjut Ibu Vivi. “ Bisa dibilang, kami adalah perusahaan pelopor di balik sukses penjualan dan distribusi ponsel di Indonesia serta  salah satu perusahaan yang dipercaya untuk mengirimkan alat dan bahan medis ke pelosok Indonesia, bahkan sampai sekarang.”

Rekam jejak 21Express di pendistribusian high value shipment membantu membangun reputasi dan kemitraan jangka panjang.

Saat ini 21Express memasuki periode lanjutan dari perjalanan bisnis di Indonesia dengan mengembangkan usaha untuk melayani jasa pengiriman barang dan dokumen untuk pelanggan perorangan (B2C). Hal ini seiring pula dengan perkembangan pesat usaha kecil dan menengah di Indonesia. Sebagai pemain lama dalam industry pengiriman barang, 21Express beserta beberapa pelanggan lama 21Express dari industry high value retail dan penyedia jasa kesehatan.

Badan riset independen, ICD memprediksi pasar e-commerc di Indonesia tumbuh 42% dari tahun 2012 -2015 – angka yang lebih tinggi dari negara-negara tetangga. Saat ini sudah semakin banyak kota-kota kecil di Indonesia yang mulai berbelanja online karena mereka tidak ingin ketinggalan tren dan mulai terpapar dengan sistem belanja online.

Tren tersebut mendorong para pelaku usaha e-commerce untuk mencari mitra kerja handal sehingga pengiriman barang dan dokumen.

Fany Wyadi, Managing Director 21Express mengatakan, “ Seiring dengan perkembangan bisnis e-commerce di Indonesia, 21Express akan melebarkan sayapnya dengan melayani jasa titipan dan ekspedisi untuk pelanggan ritel tentu saja dengan komitmen yang sama dengan klien perusahaan kami.”

“Untuk itu kami akan memperkenalkan sejumlah inovasi terbaru yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar saat ini, antara lain membuat platform yang memungkinkan kontak langsung antara pelanggan, perusahaan dan kurir yang mengantar dan membangun jaringan sampai ke pelosok nusantara dengan memberdayakan masyarakat sekitar.”

Saat ini 21Express juga memperkenalkan transformasi logo terbarunya menjadi lebih sederhana dan modern sesuai dengan kondisi industri saat ini yang menekankan pada bisnis yang streamline dan modern.

Untuk mendukung ekspansi ke bisnis ritel, 21Express menggandeng Indonesia e-Commerce Association (IDeA) dan menggalang kerjasama dengan beberapa online shop/e-commerce marketplace yang ada di Indonesia.

Kekuatan utama 21Express adalah komitmen pada high value shipment yang menjadi fokus utama bagi pelanggan korporasi. Djatmiko Wardoyo,  Direktur Marketing Communications Erajaya mengatakan, “Tingginya permintaan pembelian ponsel di seluruh Indonesia menyebabkan kebutuhan akan jasa terpercaya sangat krusial. 21Express merupakan mitra kami sejak 15 tahun yang lalu untuk pengiriman dan distribusi barang-barang yang tergolong high value shipment. Sebagai distributor ponsel yang mengirimkan ribuan unit  termasuk sim card, voucher, aksesoris ponsel dan gawai lainnya ke seluruh Indonesia, kami harus selalu tahu kondisi dan lokasi barang yang kami kirimkan.”

“Komitmen 21Express terhadap keamanan dan ketepatwaktuan pengiriman membuat kami merasa tenang bermitra jangka panjang tidak saja ke ratusan outlet kami, namun juga ribuan third party sellers kami.  Dan dengan strategi menggarap pasar e-commerce yang semakin tinggi melalui portal penjualan, peran 21Express sebagai mitra lama kami sangatlah besar .”

Jaringan optik terkemuka, Optik Melawai telah bermitra dengan 21Express  untuk mengirimkan stok kacamata dan alat penjualan ke ratusan outlet kami di Indonesia.

Marthen, Manager Lab Optik Melawai, berkata, “Perusahaan logistik merupakan salah satu indikator keberhasilan kami dalam membangun bisnis retail. Respons 21 Express sangat cepat,  lead time yang sangat sesuai dan perhatian yang sangat teliti pada pengemasan sehingga barang-barang kami yang terkategori ‘mudah pecah’ (fragile)  dan membutuhkan penanganan khusus dapat  sampai di tangan konsumen dengan kondisi baik.”

“Hingga saat ini, hanya 21Express yang dapat mengerti dan memahami pentingnya peran logistik dalam bisnis optik,” lanjut Marthen.

Pengiriman barang-barang medis dan bahan yang membutuhkan penanganan khusus serta ekstra hati-hati seperti vaksin merupakan salah satu keunggulan 21Express.

Arief Wahyu Saputro, Kepala Warehouse dan Logistic, Sumber Mitra Agung Jaya (perusahaan di bidang diagnostik medis dan distribusi alat kesehatan)mengatakan, “Kami memiliki banyak barang yang harus dikirimkan setiap hari dan cukup kewalahan dalam mempersiapkan hal tersebut. Saat in, petugas khusus 21Express standby 24 jam di tempat kami, sehingga memudahkan proses pengiriman . Bahkan untuk vaksin, yang membutuhkan penangan khusus, 21Express dapat mengirimkan ke jaringan kami dalam waktu kurang dari 24 jam.”

“Dengan jaringan di seluruh Indonesia, kami mempercayakan pengiriman spesimen dan barang-barang kebutuhan medis yang perlu dikirimkan ke seluruh cabang kepada 21Express karena tidak sembarang jasa pengiriman dapat melakukan hal ini. Dengan sistem informasi real time terutama untuk kiriman bersifat urgent, kami dapat bekerja tanpa khawatir dan menjamin operasional seluruh cabang kami berjalan lancar tanpa terganggu,” lanjut Arief.

Eko Suprihartono, Regional Manager, 21Express berkata, “Dengan pengalaman  kami melayani pelanggan B2B selama 25 tahun,  kami akan menerapkan perlakuan yang sama bagi pelanggan ritel kami.  Kami bertekad untuk membangun jaringan hingga ke pelosok serta memastikan pelanggan kami mendapatkan nilai lebih dari layanan yang mereka percayakan kepada kami.”