2000 Personel TNI Polri Dikerahkan; Siap Amankan Indepedence Day Run 2013

2000 Personel TNI Polri Dikerahkan; Siap Amankan Indepedence Day Run 2013

Jakarta, Kabarindo- Istana Kepresidenan telah menyiapkan serangkaian acara dalam rangka memeriahkan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-68.

Kegiatan yang mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berolahraga dan bergembira bersama dalam perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ini terangkum dalam Independence Day Run yang merupakan kegiatan bersama Istana Kepresidenan bekerja sama dengan TNI, POLRI, Kementerian terkait, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) serta Garuda Finisher selaku partner organizer yang sebelumnya sukses menyelenggarakan Ramadhan Halo Fit Night Run, lomba lari pada malam hari di Bulan Suci Ramadhan, dengan jarak 10K dan 5K.

Mengusung tema “Independence Day Run Semangat 17/8 untuk Merah Putih”, kegiatan olahraga lari dengan jarak 17 kilometer (17K) dan 8 kilometer (8K) akan diikuti oleh sekitar 45.000 peserta. Angka ini melambangkan tanggal 17 Agustus 1945 yang merupakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Kegiatan ini akan berlangsung pada 25 Agustus 2013 dan dimulai sejak pukul 06.00 WIB dari depan Istana Merdeka dan berakhir di Pintu Barat Daya, Monas, Jakarta.

Kegiatan yang menargetkan akan diikuti oleh 45.000 pelari ini terbuka untuk umum dan pelari profesional. Bahkan, terasa istimewa karena pertama kalinya sebuah kegiatan lari digelar di depan Istana Merdeka. Pelepasan pelari juga akan dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Independence Day Run menjadi event pertama yang memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada rakyat untuk bersama-sama memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dengan Presiden RI. Keterlibatan pengamanan TNI Polri selaku panitia bersama mengerahkan personel sejumlah 2.000 dalam rangka mendukung pengamanan.

“Selain 2000 personel TNI Polri yang disiapkan untuk pengamanan, kita juga akan menempatkan satu orang race marshall di setiap 25-50 meter, titik air per 2,5 kilometer dan titik guyur setiap 5 kilometer sepanjang rute yang telah ditentukan,” terang Brigjen TNI Toto Riyanto, Kepala Staf Garnisun Tetap 1/Jakarta (Kasgartap 1/Jkt), selaku Ketua Panitia Bersama Independence Day Run.

Para peserta akan menggunakan rute Car Free Day yang dimulai di depan Istana Merdeka. Untuk lari 17K akan melintasi Jalan Thamrin, Semanggi, Sudirman, Sisingamangaraja, kemudian berputar di depan sekolah Al-Azhar dan kembali melintasi sisi jalan berlawanan hingga berakhir di Silang Monas melalui Pintu Barat Daya. Sedangkan untuk lari 8K sendiri akan berputar di depan Chase Plaza dan kembali dengan finish yang sama di Silang Monas.

Hadiah yang dipersiapkan oleh panitia mencapai Rp 400.000.000 (empat ratus juta rupiah) yang akan dibagikan untuk semua kategori. Untuk jarak 17K, terbagi menjadi 3 kategori: lari kelompok, pria, dan wanita. Di samping kategori tersebut juga diadakan kategori non lomba yang dinamakan “17 Tough Warriors”. Event ini merupakan event baru yang menjadi inisiasi dari Garuda Finishers selaku partner organizer. Dengan mengenakan pakaian dinas lapangan beserta perlengkapannya, sejumlah prajurit akan berlari sejauh 17 kilometer untuk mengenang para pejuang. Sedangkan untuk lari 8K dibagi menjadi 5 kategori, antara lain pria, wanita, pelajar pria, pelajar wanita, dan kostum terbaik.

Selain uang tunai, 2 buah mobil dan 20 buah sepeda motor serta sejumlah hadiah lainnya telah disiapkan sebagai doorprize. Seluruh masyarakat berkesempatan memenangkan doorprize tersebut setelah terlebih dahulu mendaftarkan diri melalui website www.bri.co.id dan berpartisipasi dalam kegiatan Independence Day Run.

“Sebagai BUMN, BRI juga ingin berkontribusi dalam kemeriahan Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ini. Kami bangga mendapat kesempatan sebagai sponsor utama dan bekerja sama dengan Garuda Finishers yang bertujuan menjalin interaksi positif antar berbagai elemen masyarakat dan membangun semangat kebersamaan melalui olahraga lari. Masyarakat diharapkan bisa menikmati acara yang telah dipersiapkan, seperti pasar kuliner rakyat, pasar murah mitra binaan, arena permainan anak, dan ada juga panggung hiburan,” tutur Bapak Muhammad Ali, Corporate Secretary BRI.

Para peserta bisa mendaftarkan diri melalui situs http://bri.co.id/ dan http://imroadrunner.com/ yang sudah dibuka sejak 5 Agustus dan akan ditutup pada 21 Agustus 2013. Tanpa dipungut biaya, setiap peserta yang sudah mendaftar akan mendapatkan asuransi pelari, race pack (berisi t-shirt lomba dan nomor dada). Untuk 1.000 pelari 17K yang finish pertama, akan mendapat medali sebagai tanda penghargaan. Medali ini juga akan diberikan kepada 1.000 pelari 8K yang finish pertama.