162.000 Peserta Mendaftar Mandiri; BPJS Kesehatan

162.000 Peserta Mendaftar Mandiri; BPJS Kesehatan

Jakarta, Kabarindo- Memasuki pekan kedua pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Direktur Pelayanan BPJS Kesehatan Fajri Adinur memaparkan, sebanyak 162.201 peserta telah mendaftar secara mandiri untuk kelompok Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP).

"Animo masyarakat untuk mendaftar secara mandiri sangat besar. Ini menunjukkan sosialisasi yang sudah kita lakukan berjalan baik," kata Fajri Adinur di Jakarta, Rabu (15/1).

Untuk peserta peralihan dari Askes Sosial, Jamkesmas, TNI, POLRI, Jamsostek, KJS dan JKA menurutnya sebanyak 161.122,065 peserta. "Untuk peralihan Jamkesda selain KJS dan JKA, dari 107 Kabupaten/Kota yang menyatakan komitmennya akan terintegrasi ke BPJS Kesehatan, 32 Kabupaten/Kota sudah terintegrasi dan jumlah data yang dimigrasi sebanyak 3.512.248 peserta. Untuk yang lainnya masih dalam proses," jelas Adinur.

Sebagai antisipasi untuk menampung lonjakan pendaftaran peserta mandiri, tambah dia, sejak Senin (13/1) kemarin juga telah beroperasi pendaftaran peserta melalui website www.bpjs-kesehatan.go.id.

"Masyarakat yang ingin mendaftar secara mandiri dapat membawa identitas resmi seperti Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, serta mengisi formulir Daftar Isian Peserta. Pendaftaran bisa dilakukan di kantor BPJS Kesehatan terdekat, sedangkan pembayaran iuran dapat dilakukan melalui Bank BNI, BRI, dan Bank Mandiri," terang dia seperti dilansir dari laman beritasatu.