15 Kandidat Finalis; Lolos Tahap Awal Audisi Miss Indonesia 2014 Surabaya

15 Kandidat Finalis; Lolos Tahap Awal Audisi Miss Indonesia 2014 Surabaya

Surabaya, Kabarindo- Sebanyak 15 orang kandidat finalis lolos tahap awal audisi Miss Indonesia 2014 di Surabaya pada Minggu (20/10).
 
Ke-15 kandidat tersebut akan diseleksi secara ketat oleh tim juri melalui proses penjurian nasional. Mereka akan bersaing dengan para kandidiat dari kota-kota audisi lainnya yaitu Makassar, Bali, Medan, Bandung dan Jakarta.
 
Audisi Miss Indonesia 2014 diadakan RCTI untuk mencari calon Miss Indonesia yang akan mewakili negara ini dalam kompetisi Miss World 2014 mendatang.
 
Audisi diadakan n mulai Oktober - Desember 2013 di enam kota besar yaitu Surabaya, Makassar, Bali, Medan, Bandung dan Jakarta. Di Surabaya diikuti oleh 97 peserta. Mereka bukan hanya berbekal kecantikan, namun juga pengetahuan, bakat dan kepercayaan diri.
 
Ajang ini terbuka bagi setiap wanita Indonesia yang ingin mewujudkan mimpi menjadi Miss Indonesia.  Syaratnya WNI usia 17 – 23 tahun, belum menikah dan mempunyai anak, tinggi minimal 167 cm, memiliki pengetahuan umum dan wawasan luas, berpenampilan menarik, cantik, cerdas, berkepribadian, menguasai Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya serta mempunyai bakat / keahlian khusus.
 
Mereka dinilai oleh tim juri yang terdiri dari Opa Yahya, Wahyu Ramadhan dan Dada Soenardhi. Wahyu mengatakan, para peserta harus memenuhi kriteria MISS  (Manner, Impressive, Smart dan Social). Selain persyaratan tersebut, mereka harus aktif dalam kegiatan atau misi sosial.
 
“Selain cantik, smart dan berkepribadian, mereka juga harus punya manfaat sosial. Istilahnya beauty with purpose. Kecantikan yang bermanfaat,” ujar Wahyu.
 
Penyeleksian awal dilakukan saat audisi mulai dari pengukuran tinggi dan berat badan, tes tertulis serta wawancara dengan tim juri. Peserta yang lolos masuk tahap selanjutnya yaitu tahap video booth untuk melakukan sesi foto dan catwalk.
 
Setiap peserta yang lolos tahap seleksi awal akan berkompetisi pada tahapan selanjutnya. Tim juri pusat akan menentukan 34 finalis yang mewakili 34 propinsi di Indonesia untuk mengikuti masa karantina dan berkompetisi hingga malam puncak Miss Indonesia 2014.
 
Salah satu peserta yang mengikuti audisi sampai tahap video booth adalah Cezia Greatia Pesurney asal Papua. Ia rela jauh-jauh datang ke Surabaya untuk mengikuti audisi. Ia optimistis karena ini merupakan kesempatan untuk menambah pengalaman dan menemukan teman-teman baru.

Cezia menuturkan aktivitas sosialnya di depan juri. Ia mengaku dirinya sukarelawan di bidang edukasi. Bersama rekan lainnya, ia mengumpulkan buku dan berbagi pengetahuan dengan anak-anak di Papua.
 
“Melalui buku, kami mendukung dan memotivasi adik-adik kecil untuk hobi membaca, hingga dapat menambah pengetahuan yang mereka miliki,” ujarnya.
 
Peserta lain, Eudia Isabelle adalah siswi berprestasi dari SMA Petra 5 Surabaya. Ia didukung penuh oleh keluarga dan sekolahnya untuk mengikuti audisi.
 
“Dengan mengikuti audisi Miss Indonesia 2014 ini, aku yakin dapat mengembangkan bakat dan potensi diriku,” ujarnya kepada kontributor Surabaya & sekitarnya.