126 Atlet Wakili Sumatera Selatan Di Peparnas; Awesome

126 Atlet Wakili Sumatera Selatan Di Peparnas; Awesome

Palembang, Kabarindo- Sebanyak 126 atlet mewakili Sumatera Selatan pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV di Jawa Barat yang bakal digelar 15-24 Oktober 2016.

Ketua Komite Paralimpik Nasional (NPC) Sumsel Rian Yohwari disela-sela pelepasan atlet Peparnas di Wisma Atlet Palembang, Selasa, mengatakan kontingen Sumatera Selatan akan turun pada sepuluh cabang olahraga yakni atletik, angkat berat, bulutangkis, bowling, catur, goal ball, judo, panahan, renang, dan tenis meja.

"Sumsel menargetkan dapatkan 31 medali emas, karena target masuk sepuluh besar," kata dia

Target ini cukup realistis karena terdapat 13 atlet pelatnas yang berlaga pada cabang olahraga atletik dan renang.

Ia mengatakan, dari kesepuluh cabang olahraga itu, kontingen Sumsel mengandalkan atletik, catur, renang, tenis meja, dan bulutangkis.

Para atlet ini sudah dipersiapkan cukup matang dengan ditempa dalam pemusatan latihan daerah selama lima bulan.

Sementara itu, lebih lanjut ia mengatakan bahwa NPC Sumsel pun sudah membentuk tim khusus untuk meminimalisir potensi kecurangan di Peparnas.

"Paling sering jadi celah untuk menghalangi atlet tampil yakni klasifikasi," katanya.

Klasifikasi paling rawan untuk dimainkan pihak tertentu untuk mengganjal pesaingnya. Tapi kali ini klasifikasi dilakukan tidak di Jabar sebagai tuan rumah, melainkan di daerah masing-masing.

"Jadi atlet kita klasifikasi di sini, tak ada masalah, semua bisa turun," ujarnya.

Technical Delegate Manager kontingen Peparnas Sumsel Ahmad Yusuf Wibowo menambahkan, jika dirinya telah melakukan pencegahan sebelum hal tersebut terjadi.

Ia tak ingin semangat para olahragawan dinodai oleh kepentingan yang tak perlu.

"Tentu kami waspada, kami antisipasi di technical meeting dan nanti akan disepakati apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Fair play tetap kita junjung tinggi," kata Yusuf seperti dilansir dari laman antaranews.