12 Ribu Orang; Ikuti Jalan Sehat Kemanusiaan

12 Ribu Orang; Ikuti Jalan Sehat Kemanusiaan

Solo, Kabarindo- Tidak kurang 12 ribu orang mengikuti Jalan Sehat Kemanusiaan di Lapangan Kota Barat-Solo, yang diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Solo bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Solo serta Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS), minggu (9/11).

Sebelum jam 06.00 WIB, peserta jalan sehat mulai dari anak-anak hingga dewasa sudah memadati lapangan. Pukul 06.45, peserta dilepas secara simbolis oleh Walikota Solo Hadi Rudyatmo. “Terimakasih PMI, PMS, Kadin, yang menyelenggarakan acara ini, yang juga mendukung program masyarakat Surakarta yang waras, karena kalau sehat belum tentu sehat, sedangkan kalau waras berarti sehat,” pesannya sesaat sebelum mengibarkan bendera START.

Ketua Panitia Jalan Sehat Kemanusiaan, Gareng S Haryanto, mengatakan panitia menargetkan 15 ribu peserta. Namun hingga pelaksanaan acara, jumlah peserta sekitar 12 ribu hingga 13 ribu orang. “Jumlah peserta hingga saat ini sekitar 12 ribu sampai 13 ribu orang,” katanya.

Gareng yang juga ketua Kadin Solo ini menambahkan, jika kegiatan itu dinilai berhasil, pihaknya siap melakukan kegiatan-kegiatan serupa di kemudian hari. Pasalnya, jalan sehat itu digelar untuk menggalang dana sosial bagi Griya PMI Peduli di Mojosongo, Jebres. “Ini salah satu metode pengumpulan dana sosial. Masyarakat perlu dibuatkan motivasi-motivasi seperti ini,” jelasnya.

Sasongko Tedjo, Ketua PMI Jateng mengatakan bahwa PMI Solo memiliki merupakan PMI terbaik di Jateng. Pengelolaan, manajemen dan kegiatan-kegiatannya sangat aktif dan luar biasa. “Tidak hanya terbaik di Jateng, namun juga PMI Terbaik Se-Indonesia,” puji Sasongko.

Ketua PMI Solo, Susanto Tjokroseokarno mengatakan bahwa PMI di Solo siap melayani masyarakat. tidak hanya memberikan layanan Ambulans gratis, Griya PMI (untuk orang tidak normal), PMI juga menyediakan cuci darah gratis untuk masyarakat. “Miskin sakit, hubungi PMI, program ini jalan terus. Dan sekarang dikembangkan lagi dengan slogan, miskin terlantar, hubungi PMI,“ terangnya.

Rute jalan sehat bergerak ke perempatan Gendengan melewati area car free day (CFD) Jl Slamet Riyadi hingga depan Sriwedari. Kemudian belok ke kiri sampai perempatan SMA Muhammdiyah 2, selanjutnya menuju ke Barat menyusuri Jl Yosodipuro dan kembali ke Lapangan Kota Barat.

Panitia menyediakan hadiah dibagikan melalui undian antara lain satu unit mobil Astra Daihatsu Ayla, lima unit sepeda motor, lima unit LCD TV, lima unit lemari es, lima unit mesin cuci, sepuluh unit sepeda gunung, 20 unit kipas angin dan sepuluh unit dispenser.