12 Dubes; Sambangi Parade Budaya Lovely Toraja

12 Dubes; Sambangi Parade Budaya Lovely Toraja

Toraja, Sulsel, Kabarindo- Sebanyak 12 Duta Besar (Dubes) dari berbagai negara dan benua seperti Asia, Eropa, Afrika dan Amerika turut mengambil bagian dalam parade budaya Lovely Toraja.

"Rombongan Dubesnya sudah ada di Toraja dan sedang berkeliling mengunjungi tempat-tempat wisata sebelum acara puncak digelar," kata Kepala Bidang Humas Polda Sulselbar Kombes Pol Frans Barung Mangera di Toraja, Minggu.

Adapun para Duta Besar negara sahabat yakni Mr Alice Mageza (Zimbabwe), Eduardo Luiz (Chile), Mr Md Nazmul Quaunini (Bangladesh), Mr Dasen Mangeta (Croatia), Battetseg Shagdar (Mongolia).

Mr Nazmul Quaunine (Singapore), Ms Joana Azzi (Lebanon), Mereseini Q. Walbuta (Fiji), Mrs Teresa Soskiewicz Bobiash (Canada), Kristian Toivio, B. Sc (Finland), Mr Viastimic Samek (Unio), serta dubes dari Chile.

Penjabat Bupati Toraja Utata Jufri Rahman menyampaikan acara itu juga akan dihadiri ribuan wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Berbagai pameran adat dan budaya akan digelar di acara itu. Untuk memastikan acara berlangsung aman, pemerintah daerah telah meminta Kepolisian dan TNI mengawal pelaksanaan Festival Lovely Toraja.

Tim gabungan TNI-Polri ditambah pemerintah telah disiagakan mulai Jumat, 6 November sampai puncak kegiatan Festival Lovely Toraja di Lapangan Bakti, Senin, 9 November mendatang.

"Total, ada 667 personel yang disiagakan dan ini sudah gabungan ada yang dari Polres Toraja ada juga BKO Polda," kata Kapolda Sulselbar Irjen Pol Pudji Hartanto Iskandar.

Kapolda menuturkan, pihaknya menyiapkan masing-masing satu personel terbaiknya untuk melakukan pengawalan melekat. Tentunya, pengamanan terhadap tamu dari negara asing itu juga akan dibantu oleh aparat TNI.

"Pengamanan terhadap para duta besar dilakukan sejak mereka tiba di Makassar. Saat mereka menuju ke Toraja, para duta besar juga kita kawal dan ini demi memberikan rasa aman dan nyaman," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.