114 Peserta Dimas Diajeng Sleman 2014; Siap Berkompetisi

114 Peserta Dimas Diajeng Sleman 2014; Siap Berkompetisi

Sleman, Kabarindo- Sebanyak 114 (seratus empat belas) pendaftar tercatat sebagai peserta seleksi Dimas Diajeng Sleman 2014.

Mereka yang berasal dari berbagai kabupaten/ kota se DIY tersebut terdiri atas 40 calon dimas dan 74 calon diajeng. Seleksi tertulis telah diselenggarakan pada Rabu 2 April 2014 di Museum Pendidikan Indonesia(MPI) UNY Yogyakarta untuk selanjutnya dipilih 60 peserta semifinalis. Demikian dinyatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ir. AA Ayu Laksmidewi TP, MM, Kamis 3 April 2014 di kantornya Jl. KRT Pringgodiningrat No.13 Beran Tridadi Sleman Yogyakarta.

Ayu menambahkan bahwa sebelum menjalani test tertulis seluruh peserta memperoleh pembekalan dengan 3 (tiga) materi, yaitu: Pengenalan Potensi Pariwisata Kabupaten Sleman oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ir. AA Ayu Laksmidewi TP, MM, Keistimewaan DIY oleh Aji Wulantara, SH dari Dewan Kebudayaan Sleman dan Ngadi Salira Ngadi Busana dari Kalithi Art and Wedding Organizer. Test tertulis tersebut terdiri atas 50 pilihan ganda dan 10 essay.
Usai test tertulis akan dipilih 60 peserta atau 30 pasang yang akan menjalani seleksi lanjutan. Mereka akan memperoleh pembekalan tentang bahasa Inggris pariwisata, bahaya narkotika, etika dan bahasa Jawa, psikologi, pose dan gesture. Usai pembekalan akan dilaksanakan seleksi interview untuk memperoleh 30 finalis atau 15 pasang dan akan diumumkan pada tanggal 10 April 2014.

Para finalis yang terpilih akan menjalani pembekalan yang sangat intens yang berupa workshop dan briefing, pemotretan, table manner, bakti sosial, kunjungan media partner, outbound, presentasi dan famtrip. Sebelum malam Grand Final yang akan dilangsungkan tanggal 16 Mei 2014 di Gedung Serba Guna UIN Yogyakarta, para finalis diwajibkan untuk menjalani karantina selama 4 (empat) hari.