10.000 Pelari; Bajak Jalanan Jakarta

10.000 Pelari; Bajak Jalanan Jakarta

Jakarta, Kabarindo-  Lomba lari 10 kilometer (10K) yang digelar Nike Indonesia yang bertajuk #BajakJKT dihelat pada Minggu (15/12). Garis mulai dan garis akhir sama-sama berlokasi di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Olahraga lari kini memang sedang tren, dilihat dari maraknya lomba lari akhir-akhir ini, setidaknya di Jakarta. Alasan ini sudah cukup bagi Nike Indonesia untuk menggelar #BajakJKT.

Sekitar 10.000 pelari mendatangi SUGBK sejak pukul 05.00 WIB untuk mengikuti ajang ini. Mereka akan menempuh jarak 10 km melalui rute SUGBK-kawasan Car Fee Day Sudirman dan Thamrin-Jembatan Semanggi-SCBD-Pattimura-Monumen Pemuda Membangun dan berakhir di trek lari SUGBK.

#BajakJKT merupakan bagian dari rangkaian program We Run Global yang sekaligus merayakan 25 tahun Nike.

"Bajak Jakarta ini sebagai salah satu gerakan yang berangkat dari (mayoritas) masyarakat Jakarta yang kurang bergerak. Terlalu sering kena macet, menyebabkan malas bergerak. Itu berpengaruh ke mental dan mindset, dan itu yang ingin kami ubah," kata Nike Indonesia Country Marketing Manager, Nino Priambodo.

Nama #BajakJKT yang beda memang disengaja. Tujuannya untuk memberi sentuhan agar orang-orang tergerak.

Tampak pula Bambang Pamungkas dan Ponaryo Astaman yang ikut meramaikan. Namun catatan waktu keduanya belum diketahui.

"Catatan waktunya ada di sistem tapi masih belum disortir," ujar Nino menjelaskan.

Onesmus Muindi menjadi yang tercepat kelompok putra 25 tahun ke atas dengan catatan waktu 31 menit 42 detik. Disusul oleh Eliud Sugut dan Sugeng Sutrisno dengan catatan waktu 31 menit 44 detik dan 36 menit 37 detik.

Di kelompok putri 25 tahun ke atas, Ann Njihia menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 37 menit 12 detik. Diikuti Unik Setyorini dan Nengsih Samady dengan 39 menit 59 detik dan 47 menit 40 detik.

Selain itu ada pula kelompok 24 tahun ke bawah serta universitas dan sekolah. Kelompok putra 24 tahun ke bawah dimenangkan Atjong Tio dengan catatan waktu 32 menit 29 detik. Sedangkan di kelompok putri Aprilia Kartina menjadi juara pertama dengan waktu tempuh 38 menit 37 detik.

Di kelompok sekolah, SMAN 104 Jakarta menjadi pemenang. Terakhir, di kelompok universitas pemenangnya adalah Universitas Indonesia.

Para pemenang tersebut mendapatkan hadiah Rp 15 juta untuk juara pertama, Rp 10 juta untuk juara kedua, dan Rp 7,5 juta seperti dilansir dari laman beritasatu.