1.000 Delegasi Jepang; Siap Sambangi Indonesia

1.000 Delegasi Jepang; Siap Sambangi Indonesia

Jakarta, Kabarindo- Sebanyak 1.000 delegasi Jepang dari berbagai kalangan akan mengunjungi Indonesia sebagai respons terhadap pemberlakuan kebijakan bebas visa.

"Sejak pemerintah Indonesia memberlakukan visa gratis pada warga Jepang, sejumlah pihak yang diinisiasi Ketua Liga Parlemen Jepang-Indonesia akan datang ke sini," ujar Ketua Bagian Penerangan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Jepang Takeyama Kenichi di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan, rombongan yang dpimpin oleh Toshihiro Nikai tersebut terdiri dari lebih 20 anggota parlemen Jepang, empat gubernur, pebisnis dari "Keidanren" (Federasi Bisnis Jepang) dan sejumlah pejabat dari kementerian di negara itu.

Takeyama mengungkapkan, kunjungan tersebut dilakukan sebagai bentuk penerimaan positif warga Jepang terhadap pemberlakuan kebijakan bebas visa tersebut.

"Diharapkan bisa meningkatkan pertukaran antarmasyarakat, kami juga berharap tidak hanya warga Jepang yang meningkat ke sini, tetapi juga sebaliknya," ujarnya menjelaskan.

Lebih lanjut, dia menjelaskan para delegasi tersebut juga akan menyelenggarakan sejumlah rangkaian kegiatan selama berada di Indonesia.

Antara lain "Japan Travel Fair 2015" yang akan diselenggarakan pada 20 November 2015, Resepsi "Yokoso! Nippon!" pada 22 November, Simposium pertukaran pariwisata Indonesia-Jepang pada 23 November, hingga jamuan makan pagi anggota parlemen Jepang dengan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) pada 24 November.

"Sedangkan acara puncaknya adalah Pesta Malam Pertukaran Jepang-Indonesia yang akan dihadiri 1.000 delegasi pada 23 November," tutur Takeyama menambahkan seperti dilansir dari laman antaranews.