Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wakatobi Wave) 2015; Siap Memesona Dunia

 Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wakatobi Wave) 2015; Siap Memesona Dunia

Kendari, Kabarindo- Lomba panjat tiang layar perahu tradisional akan meramaikan Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wakatobi Wave) 2015 yang akan berlangsung mulai 22 November hingga 28 November 2015.

"Kalau lomba panjat pinang di darat sudah biasa ditampilkan, sedangkan lomba panjat tiang perahu layar tidak biasa dan ini merupakan lomba pertama digelar di Wakatobi, bahkan Indonesia dan dunia," kata Bupati Wakatobi, Hugua di Kendari, Jumat.

Menurut dia, dalam lomba panjat tiang layar perahu tersebut panitia menyediakan beberapa hadiah utama antara lain satu unit sepeda motor, kulkas dan mesin kantinting untuk perahu nelayan.

Selain itu kata dia, panitia juga menyediakan berbagai hadiah hiburan menarik seperti kamera, baju koas berlogo Wakatobi Wave 2015, payung, sendal dan sebagainya.

Menurut Hugua, Wakatobi Wave yang akan digelar di Wakatobi tersebut merupakan festival terakbar sepanjang penyelenggaraan festival di Wakatobi, bahkan Indonesia.

Kegiatan itu, akan dihadiri kurang lebih 10.000 perserta dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk paguyuban-paguyuban masyarakat Wakatobi yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Kami bersama Kementerian Pariwisata menyelenggarakan kegiatan ini untuk menarik minat wisatawan mancanegara," katanya.

Diharapkan ujar dia, melalui kegiatan tersebut akan membuka mata Indonesia maupun dunia, bahwa Wakatobi yang memiliki keragaman budaya dan keindahan alam bawah laut, patut menjadi pilihan untuk berwisata atau liburan.

"Taregetkan kita di Wakatobi kunjungan wisata per tahun rata-rata hanya 45.000 orang. Dan kami sangat optimistis, target itu bisa kita capai dalam waktu dua atau tiga tahun ke depan," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.