Suka Berpuasa Itu Menyehatkan; Tim Dokter Siloam Kebon Jeruk Memastikan

 Suka Berpuasa Itu Menyehatkan; Tim Dokter Siloam Kebon Jeruk Memastikan

Rasane Resto Puri, Jakarta Barat, Kabarindo- Tak terasa sudah memasuki hari ke-16 bulan suci Ramadhan.

Kaum Muslimin yang menjalankan harus menahan lapar dan haus dari pukul 04.30 - 17.52, artinya lebih dari 12 jam tak satupun asupan boleh masuk karena berpuasa.

dr. Hardianto, SpPD memastikan gerak usus bekerja secara normal, "Puasa itu menyehatkan dan saat menangani pasien yang mengeluhkan penyakit maag dengan berpuasa malah bisa sembuh. Saya menyakini, maag tidak melulu disebabkan karena terlambat makan bisa jadi karena stress atau faktor lainnya yang menyebabkan asam lambung naik dosisnya," paparnya lugas.

Ia bersama dokter lainnya menerangkan secara lugas Siloam Hospitals Kebon Jeruk (SHKJ) punya pusat keunggulan Digestive Clinic (Klinik Pencernaan).

Selain hikmah dan manfaat puasa juga dijelaskan tentang Nitrosamine, tahukah sebenarnya tanpa kita sadari beberapa jenis makanan yang kita konsumsi sebenarnya mengandung zat-zat kimia beracun yang salah satunya adalah Nitrosamine ?

Biasanya zat-zat berbahaya tersebut akan berpengaruh cepat terhadap pertumbuhan sel, sehingga kebanyakan orang baru merasakan akibat mengkonsumsi zxat tersebut dalam jangka panjang.

Dijelaskan bahwa Nitrosamine adalah senyawa yang berpotensi karsinogenik yang dibentuk oleh reaksi nitrit dengan amina atau amida.

"Makanan sehat itu seharusnya direbus dan makanan yang fresh jadi tidak dibakar seperti sate, ikan bakar atau barbekyu tapi kalau sesekali tidak masalah," paparnya lugas.

Redaksi mendapati beberapa bukti menarik lainnya seputar Nitrosamine sendiri yang bisa terbentuk ketika melakukan penggorengan makanan terlalu lama. Berikut ini adalah ciri makanan yang mengandung nitrosamine:
- Makanan yang dikemas dalam wadah tertutup
- Warnanya terlalu mencolok
- Biasanya makanan yang berada di dalam lemari pendingin

Tidak ada salahnya untuk langsung membeli makanan segar di pasar dan mengolahnya langsung dengan merebusnya dan tidak terbiasa untuk secara instant mengkonsumsi makanan siap saji atau makanan dalam kemasan.


Ayo Berpuasa untuk Sehat dan Hindari Makanan yang tertular Nitrosamine............!