Sebanyak 41.758 Pohon Trembesi; Telah Ditanam Di Sepanjang Merak-Banyuwangi

 Sebanyak 41.758 Pohon Trembesi; Telah Ditanam Di Sepanjang Merak-Banyuwangi

Surabaya, Kabarindo- Sebanyak 41.758 pohon trembesi telah ditanam sejak 2010-2015 dalam program Menanam Trembesi 1.350 KM Merak-Banyuwangi.
 
Trembesi tersebut diambil dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) yang didirikan dan  dikelola oleh Djarum Foundation. Yayasan ini juga melakukan perawatan selama 3 tahun  terhadap seluruh pohon trembesi yang ditanam di sepanjang jalur tersebut.
 
Kini trembesi di jalur Kudus -Semarang yang telah berumur 6 tahun mulai membentuk  kanopi rindang. Banyak pengguna jalan yang berhenti untuk berteduh. Mereka bahkan turut  menjaga pepohonan yang telah ditanam dan menginformasikan kepada Djarum Foundation  jika ada trembesi tumbang, karena tertabrak kendaraan misalnya, sehingga dapat segera  diganti dengan trembesi baru.
 
“Pada setiap pembangunan ekonomi selalu ada resikonya, antara lain rusak dan merosotnya kualitas lingkungan serta kehidupan sosial. Namun kami berkomitmen untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup dan sosial,” ujar Chairman Djarum Foundation, Suwarno M. Serad, dalam rilis yang diterima pada Kamis (17/12/2015) malam.
 
Pohon  trembesi yang ditanam sepanjang Merak-Banyuwangi diharapkan mampu  menjadikan jalur pantura Jawa teduh sekaligus berfungsi menyerap 1 juta ton gas CO2 setiap tahun.
 
Program Menanam Trembesi 1.350 KM Merak-Banyuwangi mencapai puncaknya pada Kamis (17/12/2015) di Taman Blambangan, alun-alun Kabupaten Banyuwangi, yang diisi dengan  seremoni penanaman trembesi bersama pejabat Bupati  Banyuwangi, Zarkasi, artis asal Banyuwangi, Fitri Carlina, dan Cakra Khan. Mereka juga menyerahkan bantuan 2.400  bibit trembesi dan bibit buah mangga serta alat tanam kepada 24 kecamatan di Banyuwangi.
 
Fitri Carlina.mengaku senang bisa ambil bagian di acara tersebut. “Suatu kebanggaan bagi  saya sudah dipercaya dalam program Djarum Trees For Life. Apa lagi di Banyuwangi kota  kelahiran saya yang sekaligus kota terakhir program ini. Saya mengajak masyarakat Banyuwangi untuk lebih cinta lingkungan dan bergerak aktif dalam pelestarian lingkungan dengan menanam pohon untuk masa depan yang lebih baik,” ujarnya.
 
Cakra Khan juga mengungkapkan semangatnya bergabung dalam program ini. “Very excited, karena saya merasa event ini sebagai sebuah kampanye sekaligus ajakan  kepada masyarakat akan pentingnya penghijauan di negeri kita tercinta, terlebih setelah  kebakaran hutan beberapa waktu lalu,” katanya.