Pola Insentif Pacu Industri; Siap Terapkan Industri Hijau

 Pola Insentif Pacu Industri; Siap Terapkan Industri Hijau

Semarang, Kabarindo- Pola insentif bagi kalangan industri harus dilakukan untuk memacu penerapan konsep industri hijau.

"Sampai saat ini belum ada pola insentif untuk industri hijau. Ini perlu didorong," ujar Kepala Dinas Perindag Jateng Edison Ambarura dalam seminar Diseminasi Hasil Litbang Terapan Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri di Semarang, Jawa Tengah, Kamis.

Tantangan lainnya yakni reward dan punishment bagi kalangan industri.

Menurut dia, tuntutan untuk mengembangkan industri hijau sangat penting karena untuk menyeimbangkan pembangunan industri di satu sisi dengan kelestarian lingkungan hidup di sisi lain.

"Persaingan industri saat ini semakin ketat. Apalagi tahun depan kita masuk era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA)," tuturnya.

Pemerintah provinsi Jawa Tengah melalui Disperindag, kata Edison, telah melakukan berbagai upaya mendorong pengembangan industri hijau, di antaranya sosialisasi kebijakan dan regulasi teknis terkait industri hijau, memberi bantuan peralatan teknologi bersih bagi IKM di Jateng, memberi pelatihan manajemen, sosialisasi penerapan konservasi energi bagi pelaku industri, revitalisasi mesin dan melakukan pendampingan audit energi di sektor industri seperti dilansir dari laman antaranews.