PT KAI Rilis Tarif Murah; Memulai Tahun 2014

 PT KAI Rilis Tarif Murah; Memulai Tahun 2014

Purwakerto, Kabarindo- Guna mengoptimalkan kapasitas kereta dan memanfaatkan "idle seat".

Mulai 20 Januari mendatang, PT KAI akan meluncurkan tarif murah untuk rute Purwokerto - Yogya - Solo. Tarif murah tersebut diberlakukan untuk kereta api ekonomi tertentu pada rute tertentu.

Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono, mengatakan untuk relasi dari Purwokerto - Kutoarjo, Purwokerto - Yogyakarta dan Purwokerto - Solo, masing- masing hanya dipatok harga tiket sebesar Rp 35 ribu, tarif ini berlaku untuk 5 kereta api kelas ekonomi tujuan Kutoarjo, Yogyakarta dan Solo. "Masing- masing KA Kutojaya Utara , KA Bogowonto, KA Gajahwong, KA Bengawan dan KA Progo," ujar Surono.

"Sedangkan khusus rute Purwokerto - Kroya tarif sebesar Rp 15 ribu diberlakukan untuk KA Kutojaya Utara, Serayu Pagi dan Serayu Sore," kata dia.

Selain naik dari Purwokerto, penumpang tujuan Yogya atau Solo juga bisa memanfaatkan tarif khusus ini untuk naik dari stasiun- stasiun setelahnya. Seperti Stasiun Gombong, Kebumen dan Kutoarjo. "Karena KA Gajahwong, Bogowonto, Progo dan Bengawan tujuan Yogya / Solo juga berhenti di stasiun- stasiun tersebut. Sedangkan dari stasiun Kroya tarif khusus tujuan Yogya/ Solo ini hanya disediakan untuk KA Gajahwong dan Bogowonto," ujarnya.

Lanjut Surono, disamping rute Purwokerto - Yogyakarta - Solo untuk kelima KA ekonomi tersebut, PT KAI juga akan memberlakukan tarif khusus sebesar Rp 35 ribu untuk rute Yogya - Solo atau sebaliknya. "Tarif khusus rute ini berlaku untuk Kereta Api Malabar, Malioboro, Bengawan, Kahuripan, Pasundan, Logawa, Gaya Baru Malam dan Sri Tanjung," katanya.

Hanya, menurut Surono, pemesanan tiket tidak seperti tiket reguler yang bisa dipesan 90 hari sebelum keberangkatan. Untuk tiket dengan tarif khusus ini hanya bisa dibeli secara langsung di loket stasiun pada saat hari keberangkatan. "Penjualan tiket ini baru akan dibuka dua jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api dengan tarif khusus ini," ujar dia seperti dilansir dari laman jpnn.

Menurut Surono, kapasitas kereta tetap akan dipertahankan 100 persen dari jumlah seat yang tersedia. Sehingga pembelian tiket dengan tarif khusus rute Purwokerto - Yogyakarta - Solo ini akan bisa dilayani sepanjang masih tersedia seat yang kosong untuk rute tersebut.