PT. KAI Commuter; Gandeng GMF Aeroasia

 PT. KAI Commuter; Gandeng GMF Aeroasia

Jakarta, Kabarindo- Anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk di bidang perawatan mesin, GMF AeroAsia (GMF) melakukan kerja sama dengan PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) terkait perawatan mesin penggerak dan mesin pembangkit kereta.

Kerja sama tersebut tertuang dalam kesepakatan bersama (memorandum of understanding/Mou) yang ditandatangani Direktur Utama GMF, Richard Budihadianto dan Direktur Utama KCJ, Tri Handoyo di Kantor PT KCJ di Jakarta, Rabu (18/6).

Kesepakatan bersama yang ditandatangani adalah Kerja sama dalam bidang perawatan dan perbaikan motor listrik seperti motor traksi, motor generator dan motor kompressor pada kereta rel listrik (KRL) milik PT KCJ.

Kerja sama berdurasi satu tahun ini mencakup perawatan dan perbaikan mesin listrik sebagai penggerak utama dan pendukung kinerja/operasional KRL di seluruh wilayah Jabodetabek.

Menurut Direktur Utama GMF, Richard Budihadianto, kerja sama ini merupakan langkah nyata mengembangkan bisnis non-aviasi GMF. ”Kami optimistis dengan kerja sama ini akan membuka peluang terutama GMF Power Services sebagai unit bisnis GMF untuk meraih pasar domestik maupun internasional dalam bidang perawatan non-aviasi,” kata Richard.

Sementara itu, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) menyambut baik kerja sama dengan GMF yang reputasinya dalam merawat pesawat terbang telah diakui berbagai maskapai penerbangan internasional.

PT KCJ mencanangkan kerja sama perawatan mesin listrik ini untuk semakin meningkatkan keandalan sarana Kereta Rel Listrik (KRL) yang dimiliki. Ke depannya melalui perawatan maupun perbaikan yang lebih berkualitas, usia pakai motor listrik juga akan lebih panjang.

"Dalam jangka panjang, kami yakin bentuk kerja sama ini akan dapat mengurangi gangguan sarana KRL yang terkait motor listrik. Dengan demikian pada akhirnya pengguna jasa akan semakin merasakan perbaikan layanan di KRL Jabodetabek," ucap Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek Tri Handoyo.

Motor listrik KRL yang membutuhkan perbaikan maupun perawatan nantinya akan dikirim PT KCJ ke GMF untuk ditangani secara khusus. Penanganan khusus ini antara lain penggantian komponen motor listrik dengan komponen asli dari pabrik serta pengujian motor sesuai standar international. "Dengan menggunakan komponen-komponen asli, fungsi motor listrik akan lebih optimal," kata dia seperti dilansir dari laman beritasatu.