Konser Kebangsaan RRI; Hibur Masyarakat Di Lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya

 Konser Kebangsaan RRI; Hibur Masyarakat Di Lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya

Surabaya, Kabarindo- RRI menghibur masyarakat dengan menggelar Konser Kebangsaan bertajuk Berkarya Dengan Semangat Kepahlawanan di Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya, pada Sabtu (18/11/2017) malam.

Menurut Soleman Yusuf, Direktur Program & Produksi RRI, acara ini digelar sebagai bentuk komitmen RRI untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat.

“Kami ingin menyampaikan misi kebhinekaan dalam Konser Kebangsaan dan ini merupakan bentuk komitmen RRI dalam memeliharanya,” ujarnya.

Konser yang sama juga digelar di Jakarta, Kendari, Jogjakarta, Samarinda dan Ambon. Surabaya dipilih sebagai salah satu kota penyelenggaraan, karena memiliki sejarah pertempuran 10 Nopember. Waktu itu arek-arek Suroboyo melawan tentara sekutu dengan gigih untuk mempertahankan kemerdekaan.

“Konser  di Surabaya digelar pada November, mengingat Surabaya memperingati Hari Pahlawan pada bulan ini,” ujar Soleman.

Konser tersebut  menghadirkan hiburan yang lengkap mulai dari penampilan sederet band terkenal seperti Boomerang dan Ada Band, juga penampilan penyair D. Zawawi Imron dari Madura yang dijuluki si Celurit Emas, serta tak ketinggalan Festival Food Truck.

Rock band Boomerang mengaku senang bisa kembali menghibur masyarakat Surabaya dan sekitarnya. Terakhir mereka manggung di Surabaya pada 2013. Grup yang digawangi Andi Babas, Hubert Henry Limahelu, Farid Martin dan Tommy Maranua ini tampil total dengan membawakan 10 lagu, diantaranya Kisah, Bawalah Aku dan Pelangi. Untuk membangkitkan semangat kebangsaan, mereka juga membawakan lagu Pahlawan yang Tak Terlupakan dan Gebyar-gebyar.

“Ini konser pulang kampung. Kami senang bisa manggung lagi di Surabaya dan membawakan lagu-lagu Boomerang yang hit serta dari album baru, juga lagu-lagu yang membakar semangat,” ujar Tommy.

Henry menambahkan, Hari Pahlawan merupakan hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, khususnya Surabaya. Menurut ia, pahlawan bukan hanya mereka yang telah gugur dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan. Pahlawan pada era sekarang adalah mereka yang berjuang dan berjasa di bidang masing-masing, termasuk di bidang musik seperti Koes Plus, Gombloh dan Gesang. Jasa mereka juga layak dihargai.

Ada Band juga memberikan kejutan bagi publik Surabaya. Di hadapan Armada, sebutan Fansnya, grup band asal Jakarta ini tampil beda.

Selain band, konser juga menampilkan musik tradisional Tong-tong oleh Komunitas Musika Daul Zhakera Madura sebagai wujud komitmen RRI pada seni budaya. Juga pemutaran film pendek berdurasi 15 menit yang dimainkan oleh angkasawan-angkasawati, menceritakan sejarah perjuangan RRI.

Tak ketinggalan penampilan penyair dan budayawan, D. Zawawi Imron yang dijuluki si Celurit Emas. Ia membawakan puisi-puisi yang menunjukkan spirit kebangsaan, cinta tanah air.

Selain konser, pengunjung dimanjakan dengan hadirnya komunitas food truck yang menyediakan beragam makanan dan minuman. Mereka bisa menikmati wisata kuliner yang ditawarkan 20 unit food truck dengan harga terjangkau.

Soleman optimis, Konser Kebangsaan dihadiri ribuan penonton seperti di kota-kota lain. Ia berharap, acara ini bisa dinikmati setidaknya oleh 7.000 penonton, karena digelar di tempat terbuka.

“Mudahan-mudahan konser ini dibanjiri pengunjung, karena kami menghadirkan hiburan yang komplit plus wisata kuliner. Semoga acaranya bisa berjalan lancar,” ujar Soleman.