Jamaah Sulbar; Dibekali Kartu ATM

 Jamaah Sulbar; Dibekali Kartu ATM

Mamuju, Sulbar, Kabarindo-  Jamaah calon haji dari Provinsi Sulawesi Barat dibekali dengan kartu anjungan tunai mandiri (ATM) oleh pemerintah yang bekerja sama dengan beberapa bank.

Kepala Bidang Haji Kementrian Agama Sulbar, Misbahuddin di Mamuju, Rabu, mengatakan, kartu ATM diberikan supaya memudahkan jamaah bertransaksi ketika di Tanah Suci meski tidak banyak membawa uang kontan.

ATM itu merupakan kerja sama Pemprov Sulbar dengan BRI, BNI dan Bank Syariah Mandiri.

"Jangan sampai jamaah haji Sulbar dicopet karena membawa uang tunai dalam jumlah banyak, fasilitas ATM akan memberikan mereka kemudahan," katanya.

Sejumlah pelayanan juga diberikan ke jamaah haji Sulbar diantaranya pemondokan laki-laki dan perempuan dipisah meskipun ada hubungan suami istri untuk lebih meningkatkan kenyamanan dan agar jamaah lebih merasa tenang menjalankan ibadah haji.

Menurut dia, peningkatan pelayanan haji lainnya yang akan dilaksanakan adalah makanan jamaah haji tidak lagi disajikan secara prasmanan, tetapi dengan kotak.

"Dengan demikian seluruh jamaah haji selain akan dapat makanan, juga dapat menyimpannya sebab tidak cepat basi," katanya.

Selain itu, kata dia, jamaah akan disediakan bus ketika akan melaksanakan ibadah dan roti disediakan setiap hari secara teratur.

"Hanya, jarak pemondokan haji dengan Masjidil Haram tempat ibadah dilaksanakan agak jauh dari sebelumnya karena sementara dilakukan perluasan Mesjidil Haram yang membuat beberapa pondokan jamaah haji dirobohkan," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.