Indonesia Punya ANIMAL DEFENDERS INDONESIA; Sukses Gelar ADOPTION DAY 5

 Indonesia Punya ANIMAL DEFENDERS INDONESIA; Sukses Gelar ADOPTION DAY 5

Jakarta, Kabarindo- Animal Defenders Indonesia (ADI) adalah sebuah organisasi nirlaba yang dibentuk pada tahun 2011.

Tentu saja saat itu baru terdiri dari beberapa orang yang melakukan kegiatan penyelamatan/rescue secara independen dan sporadis.

Banjir besar Jakarta yang terjadi di awal tahun 2013 menjadi awal bersatunya tim inti yang ada di ADI saat ini, dipimpin oleh Doni Herdaru Tona atau Doni Iblis (@doniiblis), vokalis band death metal Funeral Inception.

Empat fokus utama ADI adalah Rescue – Rehab – Rehome (melalui program Adopsi) – Education.

Para anggota ADI adalah individu-individu yang memiliki perhatian terhadap hak hidup serta kesejahteraan hidup hewan (terutama hewan domestik seperti anjing dan kucing). Penyiksaan dan penelantaran hewan domestik menjadi salah satu perhatian utama bagi ADI disamping perdagangan daging anjing untuk tujuan konsumsi; karena hal tersebut terjadi setiap hari di negeri ini yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan, stigma agama dan kebudayaan, serta masih banyaknya orang yang berpikir bahwa hewan adalah makhluk yang tidak berharga. Dan bahkan lebih buruk lagi, apabila hewan-hewan tersebut dibeli dari petshop, maka kebanyakan pemilik beranggapan bahwa mereka memilik hak atas hidup (atau mati) hewan tersebut.

ADI terus bergerak dan berjuang secara independen demi kesejahteraan dan hak hidup hewan-hewan tersebut.

ADI membiayai biaya operasionalnya dengan menjual merchandises swadaya berupa t-shirt, pin, hoodie, tote bag, topi snapback dll, donatur tetap dan tidak tetap serta donasi personal dari para anggotanya.

Salah satu program kami adalah REHOME atau Adopsi. Adopsi dari Shelter Animal Defenders tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, kami mempunyai beberapa syarat yang harus dipenuhi calon adopter untuk menghindari adopter yang tidak sesuai kriteria.
Hari ini adalah merupakan acara Adoption Day ke- 5 yang diselenggarakan oleh Animal Defenders Indonesia, bertujuan untuk memberikan rumah dan keluarga baru bagi hewan-hewan yang kami selamatkan. Agar mereka mendapatkan kesempatan kedua dalam hidup, karena mereka berhak untuk hidup bahagia dan sejahtera. Kami selalu berusaha untuk mengadakan acara Adoption Day secara rutin agar kami dapat membantu lebih banyak hewan teraniaya dan terlantar diluar sana, karena saat ini kapasitas rumah singgah kami masih terbatas. Sehingga apabila ada hewan yang kami selamatkan mendapatkan rumah baru, maka kami bisa memberikan tempat singgah sementara bagi hewan lain.

Pada acara Adoption Day, biasanya juga terdapat beberapa kegiatan lain seperti vaksinasi bersubsidi, talkshow dengan dokter hewan, sharing session, bazaar, dll.

Kami pun gencar mempromosikan anjing dan kucing kampung, agar semakin banyak orang yang sadar bahwa mereka juga berhak mendapatkan keluarga dan rumah yang menyayangi mereka sampai akhir hayatnya.

Masih banyak yang berpikir bahwa anjing dan kucing kampong itu murahan, jelek, bodoh dan masih banyak lagi label yang diberikan kepada “ras kampong” ini. Karena banyak yang tidak mengetahui bahwa anjing dan kucing pure breed/ras murni pun banyak yang menjadi korban penyiksaan dan penelantaran. Jadi,  apapun rasnya tidak menentukan kebahagiaan dan kesejahteraan. Sehingga edukasi pun menjadi salah satu fokus utama kami di Animal Defenders Indonesia.



ADOPT, DON’T SHOP…