Ajang Pemilihan Dimas Diajeng Sleman 2016; Terbuka Untuk Generasi Muda Luar Daerah

 Ajang Pemilihan Dimas Diajeng Sleman 2016; Terbuka Untuk Generasi Muda Luar Daerah

Sleman, Kabarindo- Pemilihan Dimas Diajeng Sleman tahun 2016 yang merupakan pemilihan dimas diajeng Sleman yang ke empat kalinya terbuka bagi generasi muda dari luar daerah.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya membatasi calon pesertanya yang berdomisili di Kabupaten Sleman.

Hal itu dipapar oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Jum’at 12 Februari 2016 di kantornya Jl. KRT Pringgodiningrat No.13 Beran Tridadi Sleman Yogyakarta.

Ayu menambahkan bahwa kebijakan tersebut dimaksudkan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada generasi muda diseluruh Indonesia untuk lebih mengenal sekaligus turut berpartisipasi membangun dan mempromosikan potensi Kabupaten Sleman secara luas. Namun demikian pihak panitia akan memberlakukan quota 50% bagi peserta dari luar daerah.

Dimas diajeng yang nantinya terpilih diharapkan selain menjadi “role model” bagi generasi muda juga dapat menjadi “agent of promotion” dan “agent of development” bagi Kabupaten Sleman. Tidak hanya menyangkut aspek kebudayaan dan kepariwisataan, tetapi juga menyangkut aspek lain sepertinya pendidikan, kesehatan, pembinaan generasi muda, lingkungan hidup, dsb.

Sementara itu Ketua Panitia Pemilihan Dimas Diajeng Sleman 2016 Fajar Wijanarko, SS menyampaikan bahwa pendaftaran peserta dibatasi hingga tanggal 29 Februari 2016. Adapun syarat yang harus dipenuhi meliputi WNI, sehat jasmani dan rohani, usia 17 – 25 tahun dan belum menikah, lulus SMA/SMK/ sederajad, berat dan tinggi badan proporsional (Dimas min.165 cm, Diajeng min.160 cm), berkepribadian menarik, berprestasi, dinamis, kreatif dan komunikatif, menguasai bahasa asing (min. Bahasa Inggris), belum pernah menjuarai pemilihan Duta Wisata serupa di daerah lain.

Persyaratan administrasi yang harus dipenuhi meliputi pengumpulan pas foto berwarna terbaru, ukuran 4x6 (2 lembar), foto close-up dan full-body dengan background putih ukuran 4R (dress code: office look), foto copy KTP dan KTM, foto copy ijazah SMA/SMK/ sederajad, foto copy sertifikat kejuaraan (apabila ada), daftar Riwayat Hidup (CV) terbaru, mengisi formulir yang telah disediakan, (atau download via twitter: @dimjengsleman dan facebook.com/dimjengsleman), membayar biaya pendaftaran Rp.75.000,-, pendaftar Dimas mengumpulkan berkas lengkap dalam map warna biru, pendaftar Diajeng mengumpulkan berkas lengkap dalam map warna merah muda.
Pengumpulan berkas administrasi yang disertai uang pendaftaran sebesar Rp.75.000,- diserahkan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Jl. KRT Pringgodiningrat No.13 Beran tridadi Sleman, Radio Swaragama FM, Kompleks Bulaksumur H-5 Sleman Yogyakarta, Radio Geronimo FM, Jl. Bung Tarjo (Gayam) No.24 Yogyakarta, Radio Unisi FM, Jl. Demangan Baru No.24 Yogyakarta atau Larissa Aestetic Center, Galeria Mall Lt.1 No.5-8 Yogyakarta.

Pada acara Grand Final Pemilihan Dimas Diajeng Sleman 2016 yang rencana akan digelat tanggal 6 Mei 2016 akan dipilih 6 gelar kejuaraan yaitu sebagai Dimas Diajeng Sleman 2016, Dimas Diajeng Wakil I, Dimas Diajeng Wakil II dan gelar atributif yang meliputi Dimas Diajeng Favorit, Dimas Diajeng Berbakat dan Dimas Diajeng Persahabatan.