GIIAS 2015 Sambangi Kota Surabaya; Siap Kembangkan Industri Otomotif Lokal

  GIIAS 2015 Sambangi Kota Surabaya; Siap Kembangkan Industri Otomotif Lokal

Surabaya, Kabarindo- Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) akan menggelar pameran otomotif bertaraf internasional, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, di Jakarta, Makassar dan Surabaya.
 
Event di Jakarta akan dilaksanakan di Indonesia Convention Exhibition BSD City pada 20-30 Agustus 2015), kemudian di Makassar di Celebes Convention Center (25-29 November 2015) disusul di Grand City Mall Surabaya (9-13 Desember 2015).
 
Menurut Sekretaris Umum Gaikindo, Noegardjito, GIIAS merupakan satu-satunya pameran resmi Gaikindo yang mendapat pengakuan internasional melalui Organization Internationale des Constructeurs d'Automobiles (OICA). GIIAS dicatat sebagai pameran otomotif kelas dunia seperti NAIAS - Detroit Auto Show, IAA - Frankfurt Auto Show, Geneva Motor Show, Tokyo Motor Show dan Auto China Beijing.

Ia mengatakan, pameran tersebut digelar selain di Jakarta karena Gaikindo tidak hanya fokus pada perkembangan industri otomotif di Jakarta, namun juga di Surabaya yang merupakan kota terbesar kedua di Indonesia dan Makassar yang berada di kawasan Indonesia Timur.
 
“Pemilihan dua kota tersebut karena melihat mobilitas masyarakat dan perkembangan ekonomi di kedua wilayah ini termasuk di bidang otomotif yang meningkatkan kebutuhan terhadap kendaraan serta kegemaran masyarakat dalam memodifikasi kendaraan,” ujarnya penghujung pekan ini.

Kehadiran GIIAS diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional. Ajang ini diharapkan menjadi wadah bagi masyarakat untuk mengetahui perkembangan otomotif dan informasi seputar teknologi terkini termasuk komponennya serta bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan terkait otomotif.
 
Noegardjito mengatakan, GIIAS akan diikuti 34 merek kendaraan yang terdiri atas 23 merek kendaraan penumpang dari Agen Pemegang Merek (APM), diantaranya Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Ford, Honda, Hyundai, Jaguar, Land Rover, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Renault, Smart, Suzuki, Tata Motors, Toyota dan VW.

Ada dua merek kendaraan penumpang yang masuk melalui importir umum yaitu Aston Martin dan McLaren serta 9 merek kendaraan komersial yang terdiri atas FAW, Hino, Isuzu, Iveco, Maxus, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, Toyota Dyna dan UD Trucks.
 
Noegardjito menargetkan jumlah pengunjung GIIAS di Surabaya sekitar 30.000 orang. Ia optimistis, event tersebut akan menarik banyak peminat otomotif karena akan dimeriahkan banyak acara pendukung seperti Auto Show Best Car, Activities at Auto Playground, Exotic Car Show serta Test Drive & Test Ride.