Presiden Jokowi; Pastikan 9 Juta Sertifikat

Kontributor : Teks; Harry Samputro / Foto2: IsT

Dibagikan pada 2019

Jakarta, Kabarindo- Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakin Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) dapat merampungkan pembagian sembilan juta sertifikat tanah pada 2019.

"Kenyataannya, kalau memang kita punya tekad yang kuat dan niat yang benar, rampung. Dan, nanti menginjak ke 2019, ada sembilan juta rampung," kata Presiden Jokowi ditemui di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu.

Presiden telah menghadiri peresmian pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tahun 2018.

Menteri ATR Sofyan Djalil, menurut Presiden, mengatakan target pembagian tujuh juta sertifikat tanah pada 2018 direncanakan selesai sebelum pergantian tahun 2019.

Presiden juga meyakini target sertifikasi seluruh bidang tanah di Indonesia akan rampung pada 2025.

"Tadi yang nawar kok Pak Menteri, 2023 akan rampung. Saya catet," ujar Presiden, menjelaskan kemajuan target waktu pembagian seluruh sertifikat bidang tanah di Indonesia.

Dalam sambutannya, Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan RI itu mengatakan pemerintah mengejar target pemerataan pembagian sertifikat tanah untuk mengejar ketertinggalan perekonomian dari negara lain.

Presiden mengemukakan pemerintah berupaya mengimplementasikan program agraria dan redistribusi tanah yang selama ini belum tercapai.

Presiden Jokowi juga mengeluhkan masih ada rakyat yang merasakan ketimpangan manfaat bidang tanah.

"Ada yang menguasai Hak Guna Usaha (HGU) berjuta hektare, tapi sebagian rakyat masih tidak dapat akses tanah untuk menopang kehidupan," ujar Presiden.

Presiden mengatakan reforma agraria dan redistribusi tanah harus menjadi perhatian Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Saya minta 2018 BPN siapkan redistribusi tanah yang mengarah kepada HGU. Yang tidak mengajukan perpanjangan dinyatakan sebagai tanah terlantar dan jadi tanah cadangan negara," demikian Presiden Joko Widodo seperti dilansir dari laman antaranews.




Berita Lainnya
GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018; Siap Di Gelar

Jakarta, Kabarindo-  GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) di tahun 2018 akan hadirkan pameran khusus kendaraan komersial, GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018, yang akan


Kota Jambi; Baca Alquran Jadi Syarat Masuk Sekolah Baru

Jambi, Kabarindo- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari menetapkan bisa membaca dan menulis Alquran sebagai salah satu syarat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada tingkat Sekolah Menengah


PH CVS Naik Kelas; Siap Rilis Film Flight555 Lusa

XXI Epicentrum, Jakarta, Kabarindo- Anda tentu kangen dengan produk anyar dari Citra Visual Sinema yaah ?

Tentu saja masih ingat dengan film terakhir bergenre Psycho dan


Dosen ITS Rancang TB-Analyzer; Percepat Diagnosa Tuberculosis

Surabaya, Kabarindo- World Health Organization (WHO) menyatakan tuberculosis (TB) merupakan salah satu penyakit penyumbang kematian tertinggi di dunia. Angka kematiannya mencapai 1,7 juta jiwa per tahun, Salah