Dompet Digital; Berikan Kemudahan & Keamanan Berbelanja

Kontributor : Teks & Foto2: Natalia Trijaji (Kontributor Surabaya & Sekitarnya)

Memungkinkan pengalaman berbelanja lebih mudah serta mengurangi peluang terjadinya penipuan

Surabaya, Kabarindo- Seiring dengan meningkatnya penggunaan dompet digital, kini aktivitas pembayaran semakin terintegrasi ke dalam smartphone kita.

Hal ini memungkinkan pengalaman berbelanja yang lebih mudah serta mengurangi peluang terjadinya penipuan. Berikut ini beberapa tips dari Mastercard yang dapat anda lakukan untuk melakukan make-over virtual terhadap dompet digital anda.

Langkah 1. Pilih aplikasi dompet digital dan install di ponsel

Anda bisa mendapatkan beragam fitur dan keuntungan. Beberapa aplikasi menawarkan fitur pemindai (scanner) yang dapat membantu untuk mengelola tiket dan kupon yang sudah anda beli. Pilihlah dompet digital yang banyak digunakan, memiliki rating tinggi serta dilengkapi dengan kombinasi fitur yang paling menguntungkan bagi anda.

Langkah 2. Sambungkan kartu pembayaran anda dengan dompet digital

Anda hanya perlu memasukkan informasi pembayaran di aplikasi dompet digital yang telah anda install. Informasi ini meliputi alamat pengiriman (shipping) dan penagihan (billing) serta metode pembayaran (termasuk nomor kartu kredit dan debit, tanggal kadaluwarsa/expiry dates dan kode keamanan). Dalam beberapa kasus, anda juga diminta memasukkan informasi biometrik sebagai fitur keamanan tambahan.

Langkah 3. Sesuaikan smartphone dengan ketentuan yang diperlukan oleh aplikasi dompet digital

Pastikan fitur smartphone anda sesuai dengan aplikasi dompet digital yang anda install. Beberapa dompet digital memerlukan teknologi Near Field Communication (NFC) untuk bekerja. Teknologi canggih ini memungkinkan anda untuk melakukan pembayaran hanya dengan sekali tekan. Namun tidak semua smartphone dan tablet dilengkapi teknologi NFC. Jadi pastikan anda mengikuti perkembangan terbaru fitur-fitur smartphone.

Langkah 4. Cari tahu mengenai merchant yang telah mengaplikasikan teknologi dompet digital

Meskipun dompet digital semakin umum untuk digunakan, tidak semua merchant dan situs belanja menerima pembayaran melalui dompet digital. Cari tahu mengenai daftar penjual yang menerima metode pembayaran dengan dompet digital, sehingga kegiatan berbelanja menjadi semakin mudah, cepat dan aman.

Langkah 5. Gunakan dompet digital anda

Saat anda akan melakukan pembayaran untuk barang yang telah dipilih, dompet digital akan meminta anda untuk memasukkan password ketika aplikasi tersebut mengenali formulir yang dapat diisi. Hal ini akan menjaga agar orang lain tidak dapat melihat informasi personal yang tersimpan dalam komputer. Aplikasi dompet digital juga akan secara otomatis melengkapi formulir tersebut, sehingga anda tidak perlu repot dengan pembayaran saat berbelanja.

Langkah 6. Monitor cek dan saldo anda

Beberapa dompet digital juga dapat membantu anda melacak transaksi-transaksi anda, sehingga memungkinkan anda untuk memonitor pembayaran dan menemukan hal-hal yang ganjil dalam tagihan anda secara lebih mudah. Beberapa aplikasi bahkan memungkinkan penggunanya untuk mengambil gambar struk pembayaran untuk keperluan pajak dan menyediakan fitur yang dapat memonitor jumlah pengeluaran anda.





Berita Lainnya
GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018; Siap Di Gelar

Jakarta, Kabarindo-  GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) di tahun 2018 akan hadirkan pameran khusus kendaraan komersial, GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018, yang akan


Kota Jambi; Baca Alquran Jadi Syarat Masuk Sekolah Baru

Jambi, Kabarindo- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari menetapkan bisa membaca dan menulis Alquran sebagai salah satu syarat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada tingkat Sekolah Menengah


PH CVS Naik Kelas; Siap Rilis Film Flight555 Lusa

XXI Epicentrum, Jakarta, Kabarindo- Anda tentu kangen dengan produk anyar dari Citra Visual Sinema yaah ?

Tentu saja masih ingat dengan film terakhir bergenre Psycho dan


Dosen ITS Rancang TB-Analyzer; Percepat Diagnosa Tuberculosis

Surabaya, Kabarindo- World Health Organization (WHO) menyatakan tuberculosis (TB) merupakan salah satu penyakit penyumbang kematian tertinggi di dunia. Angka kematiannya mencapai 1,7 juta jiwa per tahun, Salah