Pemerintah Penghujung Tahun; Serahkan Pengelolaan 80.228 Hektare Hutan Desa

Kontributor : Teks & Foto2; Anton MP (Senior Journalist)

Kelola Alamnya

Jakarta, Kabarindo- Pemerintah menyerahkan hak pengelolaan hutan desa kepada sembilan lembaga pengelola hutan desa dengan luas total 80.228 hektare.

"Ini bukan angka yang kecil dan ini akan kita teruskan," kata Presiden Joko Widodo saat membuka Konferensi Tenuria Reformasi Penguasaan Tanah dan Pengelolaan Hutan Indonesia 2017 di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Selain itu, pemerintah juga meresmikan pengakuan hutan adat dengan areal seluas 3.341 hektare.

Kepala Negara menjelaskan pemerintah juga mengakui hutan adat itu bagi sembilan kelompok masyarakat hukum adat.

Dalam diskusinya bersama peserta konferensi, Presiden menegaskan jika masyarakat suatu desa tidak memanfaatkan hutan desa dengan baik sesuai peraturan maka haknya akan dicabut.

"Kita menyerahkan ini tujuannya jelas. Agar hutan itu produktif. Entah untuk hutan wisata, entah airnya dimanfaatkan untuk dijual, dan bisa memberikan income kepada masyarakat. Saya kira arahnya ke sana, jangan sampai sudah diserahkan tidak dapat manfaat apa-apa," kata Presiden terkait pemanfaatan hutan desa.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga menjelaskan reforma agraria dan perhutanan sosial menjadi salah satu upaya pemerataan ekonomi bagi masyarakat seperti dilansir dari laman antaranews.




Berita Lainnya
Jefri NichoL & Fans Di 40 Kota; Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2018

Salemba, Jakarta Pusat, Kabarindo- Ada apa di hari ini, Rabu 21 Februari selalu diperingati bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan bersama dengan Koalisi Lestari Hutanku sebagai


YoWis Ben; Jadi Film Gres Starvision Mengedepankan Kearifan LokaL

XXI Epicentrum, Rasuna Said, Jakarta, Kabarindo- Nah, lega juga rasanya saat PH mainstream seperti Starvision merilis film pop yang bertautan dengan kearifan lokal.

Yah, YOWIS Ben


JAPNAS Jatim Terbentuk; Provinsi Ke-8

Surabaya, Kabarindo- Setelah hadir di 7 provinsi di Indonesia, Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS) terbentuk di Jawa Timur pada Selasa (20/2/2018).

Pembentukan Pengurus Wilayah (PW) JAPNAS Provinsi


Indosat Ooredoo; Tuntaskan Penataan Ulang Pita Frekuensi Radio 2.1 Ghz

Surabaya, Kabarindo- Indosat Ooredoo telah menyelesaikan proses penataan ulang pita frekuensi radio 2.1 GHz lebih cepat dari yang dijadwalkan oleh pemerintah.

Proyek penataan ulang pita frekuensi