Pemerintah Penghujung Tahun; Serahkan Pengelolaan 80.228 Hektare Hutan Desa

Kontributor : Teks & Foto2; Anton MP (Senior Journalist)

Kelola Alamnya

Jakarta, Kabarindo- Pemerintah menyerahkan hak pengelolaan hutan desa kepada sembilan lembaga pengelola hutan desa dengan luas total 80.228 hektare.

"Ini bukan angka yang kecil dan ini akan kita teruskan," kata Presiden Joko Widodo saat membuka Konferensi Tenuria Reformasi Penguasaan Tanah dan Pengelolaan Hutan Indonesia 2017 di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Selain itu, pemerintah juga meresmikan pengakuan hutan adat dengan areal seluas 3.341 hektare.

Kepala Negara menjelaskan pemerintah juga mengakui hutan adat itu bagi sembilan kelompok masyarakat hukum adat.

Dalam diskusinya bersama peserta konferensi, Presiden menegaskan jika masyarakat suatu desa tidak memanfaatkan hutan desa dengan baik sesuai peraturan maka haknya akan dicabut.

"Kita menyerahkan ini tujuannya jelas. Agar hutan itu produktif. Entah untuk hutan wisata, entah airnya dimanfaatkan untuk dijual, dan bisa memberikan income kepada masyarakat. Saya kira arahnya ke sana, jangan sampai sudah diserahkan tidak dapat manfaat apa-apa," kata Presiden terkait pemanfaatan hutan desa.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga menjelaskan reforma agraria dan perhutanan sosial menjadi salah satu upaya pemerataan ekonomi bagi masyarakat seperti dilansir dari laman antaranews.




Berita Lainnya
Jokowi Siap Buka Musyawarah Nasional Alim Ulama; Bersama Konferensi Besar Nahdlatul Ulama

Lombok, Kabarindo- Presiden Joko Widodo menempuh perjalanan ke Lombok setelah merampungkan agenda pertemuan di Malaysia kemudian menyambangi sejumlah ulama dan pondok pesantren di wilayah itu.

Setelah


Polisi Papua & Para Guru; Beri Pembelajaran Siswa Di Pengungsian

Timika, Kabarindo-  Kepolisian Daerah Papua mengapresiasi dimulainya kegiatan pembelajaran bagi para siswa dari Kampung Banti, Kimbeli, dan Opitawak yang kini mengungsi ke Gedung Eme Neme Yauware, Timika.


AFI 2017; Kini Beda & Apresiasi Begitu Kental

Ged Theater Perpustakaan Nasional, Jakarta, Kabarindo- Tahun 2017 ini sudah pasti pelaksanaan festival film yang lebih dahulu FFI akan berbeda dengan yang membututinya belakangan ini.

Yah,


GIIAS Medan Auto Show 2017; Resmi Dibuka

Medan, Kabarindo– Gelaran pertama GIIAS Medan Auto Show 2017 resmi dibuka hari ini. Ibukota Provinsi Sumatera Utara ini menjadi kota tujuan baru sekaligus menjadi penutup dalam agenda